Bekerja dengan Subject Matter Expert

Melalui kelas ini, kamu diajak untuk:

  • Memahami peran ID dan Subject Matter Experts (SMEs).
  • Mengidentifikasi strategi-strategi bekerja dengan SMEs.

Siapa itu SMEs?

Ilustrasi oleh Stories via Freepik

Subject Matter Experts (SMEs) adalah mereka yang didaku sebagai pakar atau praktisi dari rumpun ilmu tertentu. Mereka adalah orang yang mengetahui setiap kerangka konsep dan susunan praktik bidang spesifik di luar kepala.

Dalam bekerja, seorang ID akan sering bersinggungan langsung dengan SMEs. Jika tugas SMEs adalah membagikan seluruh pengetahuan yang dimilikinya, tugas ID adalah membuat pengetahuan itu relevan dan efektif dikonsumsi oleh user.

Konflik Instructional Designer dan SME

Pada dasarnya, ID dan SMEs punya kecenderungan untuk tidak bersepakat dalam penyampaian materi. ID ingin menyampaikan materi secara ringkas, efektif, dan tepat sasaran. Sementara SMEs ingin user mengetahui seluruh konsep dan praktik yang ia ketahui sepanjang riwayat kepakarannya. Padahal, materi yang dibutuhkan hanya berdurasi singkat dan padat. Bagaimana menanggulanginya?

Bersikap Layaknya Konsultan

Bayangkan kita telah melakukan analisis rencana perancangan konten dan materi yang detail. Lalu ketika berdiskusi dengan SMEs, mereka mengirim file PPT lebih dari 30 halaman dan tidak ingin satu pun terlewatkan dalam susunan materi.

Untuk mengatasi permasalahan ini, penting bagi seorang ID untuk bertindak seperti seorang konsultan. Apa yang bisa dilakukan oleh konsultan?

Ketuk untuk mengulik lebih jauh.
Menganalisis Masalah dan Memberi Solusi
Alih-alih menurut, konsultan yang baik akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan sulit, mencari akar permasalahan dan gap pengetahuan di kalangan user, dan memberikan solusi dari permasalahan/gap tersebut.
Memberikan Sudut Pandang Alternatif
Beri edukasi berupa data-data riset untuk mendukung argumen bahwa alternatif yang kita tawarkan lebih efektif dan relevan.
Analyze Learners
Tools ini digunakan untuk menganalisis konteks user, demografi, serta pre-existing knowledge yang telah dimiliki user. Contoh: user berumur 17-40 tahun dan pengguna Facebook. Dengan konteks tersebut, ID bertugas untuk merumuskan strategi penggunaan bahasa (bahasa semi-formal) dan materi-materi yang relevan (tidak perlu ada materi cara membuat akun Facebook).
Memahami Tujuan Organisasi
Yakinkan SMEs bahwa alternatif yang kita tawarkan akan membantu organisasi dengan mengaitkan alternatif kita dengan tujuan dan standar capaian organisasi.
Mengasah Kemampuan Komunikasi
Berbicara dengan SMEs memang akan diisi oleh perdebatan. Tapi ingat bahwa diskusi ini bukan soal membuktikan mereka salah dengan menyodorkan banyak fakta, tapi perlahan mengajak mereka untuk melihat sudut pandang lain.

Selayang Pandang

  • Instructional Designer harus berpegang teguh pada kebutuhan pembelajaran.
  • Seorang expert pasti memiliki ego agar materi yang hendak disampaikan bisa seluas mungkin.
  • Materi yang disampaikan harus komprehensif namun tetap padat dan mudah dipahami orang awam sekalipun.

Kuis

SME terbiasa menghendaki peserta didik untuk memiliki pemahaman sama persis seperti dirinya. Bagaimana cara menanggulanginya?

Selamat, Anda telah menyelesaikan pelajaran ini
Klik untuk menyelesaikan