Mulai Membuat Materi
Melalui kelas ini, kamu diajak untuk:
- Mengidentifikasi kiat-kiat membuat user fokus pada materi.
- Mengenal fitur-fitur interaktif dan aset visual yang relevan dalam materi.
- Menghindari jebakan terlalu banyak fitur dalam sebuah materi.
Tentang Beban Kognitif
Ilustrasi via Freepik
Manusia memiliki batasan kognitif dalam mencerna informasi dari luar dirinya. Teori ini disebut dengan cognitive load theory. Secara garis besar, teori ini menjelaskan mengapa kita punya kesulitan menghafal teks panjang atau mendengarkan dua orang berbicara dalam satu waktu.
Sebagai ID, teori ini penting jadi pertimbangan. Memberikan pengalaman belajar yang efektif berarti menghindari user dari rasa bosan dan distraksi berlebihan. Dengan kata lain, ID punya beban untuk memastikan user tetap fokus dalam mencerna suatu materi.
Membuat User Fokus
Memastikan user fokus pada materi adalah kunci dari pembelajaran yang efektif. Untuk itu, kita perlu memahami kiat-kiat membuat user fokus.
Ketuk untuk melihat lebih lanjut.Daftar vs Paragraf Panjang
Limitasi Alur
Fitur Interaktif dan Aset Visual
Fitur Interaktif dan Aset Visual
Kita bisa menyajikan fitur interaktif dan aset visual untuk menjauhkan user dari rasa bosan. Namun, gamifikasi konten tetap harus sesuai porsinya.
Geser ke kanan untuk melihat jenis subyek peristiwa:Selayang Pandang
- Gamifikasi berguna untuk membantu penyerapan materi.
- Pembuatan materi harus didahului oleh analisis kerja.
Kuis
Kapan kita bisa menggunakan slider?