Mengukur Efektivitas dari Kampanye Kreatif

Melalui kelas ini, kamu diajak untuk:

  • Menjelaskan nilai test lift dalam membantu bisnis mengukur efektivitas iklan.
  • Mengidentifikasi skenario di mana test lift dapat berguna.
  • Menggunakan contoh laporan uji peningkatan untuk mengidentifikasi hasil yang dapat ditindaklanjuti.

Dampak Kreatif

Salah satu cara untuk mengukur dampak materi iklan untuk brand awareness dan konversi adalah dengan test lift. Test lift memungkinkan kita untuk menilai efek tambahan dari iklan Facebook. Test lift memiliki dua jenis, yaitu Brand Lift dan Conversion Lift.

Apa itu Test Lift?

Test lift adalah eksperimen di mana sekelompok orang yang memiliki dan tidak memiliki kesempatan untuk melihat iklan Facebook kita akan diuji. Ini membantu kita mengukur dampak kausal iklan kita terhadap tujuan bisnis tertentu, seperti brand awareness atau konversi.

Lift atau peningkatan mengacu pada hasil yang dipastikan terjadi karena iklan Facebook kita. Semakin banyak peningkatan yang disebabkan oleh iklan, semakin efektif iklan tersebut. Metode pengukuran ini membantu kita menentukan nilai sebenarnya dari iklan tersebut. Hasil dari pengujian peningkatan dapat digunakan untuk meningkatkan strategi periklanan kita.

Brand Lift

Tes Brand Lift adalah tes yang menggunakan polling merek untuk membantu mengukur nilai sebenarnya dari iklan Facebook kita terlepas dari upaya pemasaran kita yang lain.

Cara kerja Brand Lift:

  • Pre-testing kreatif
  • Mengukur brand dengan polling
  • Hasil tes
  • Hasil tes digunakan untuk insight perencanaan kampanye brand

Conversion Lift

Tes Conversion Lift memungkinkan kita mengamati konversi untuk memahami nilai tambahan sebenarnya dari iklan Facebook kita. Hasil tes ini dapat membantu kita mempertimbangkan berbagai strategi untuk menentukan pendekatan periklanan yang paling cocok untuk audiens.

Ketuk untuk melihat penjelasan:
Hasil Tes

Rekan media kita bisa saja ingin menerima hasil saat menjalankan tes Conversion Lift. Kita perlu meminta akses untuk melihat laporan hasil tes.

Efisiensi Inkremental

Bagian Efisiensi Inkremental menunjukkan biaya per konversi inkremental (tindakan yang diinginkan) dan biaya per ROAS inkremental.

Konversi Inkremental

Bagian ini menunjukkan kepada kita rasio gender dan usia dari konversi inkremental serta biaya per konversi inkremental.

Memanfaatkan Hasil Tes

Hasil tes akan memperlihatkan apakah kampanye sudah sesuai dengan tujuan bisnis kita. Kita bisa menggunakan hasil tes tersebut untuk membuat penyesuaian rencana.

Selayang Pandang

  • Split test bermanfaat untuk memvalidasi dua opsi dalam strategi produk.
  • Lift Test biasa digunakan untuk mengestimasi performa produk secara keseluruhan.
  • Untuk proses riset yang lebih luas, bisa gunakan nested test.

Kuis

Apa yang perlu disiapkan untuk melakukan A/B Test?

Selamat, Anda telah menyelesaikan pelajaran ini
Klik untuk menyelesaikan