Mengkuantifikasi Kreativitas dalam Data

Melalui kelas ini, kamu diajak untuk:

  • Menjelaskan pentingnya mengukur efektivitas kreatif.
  • Mengidentifikasi dua jenis solusi testing.
  • Memilih pendekatan yang tepat untuk mengukur keberhasilan kampanye iklan.

Mengapa pengukuran penting?

Ad creative atau materi iklan adalah salah satu faktor penentu keberhasilan kampanye. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan materi iklan dengan Itulah mengapa penting untuk mengembangkan materi iklan dengan cermat dan memanfaatkan data/insight dari testing.

Kenapa Harus Repot Menguji Kreativitas

Sebuah visual yang dikatakan bagus biasanya berasal dari cara pandang subjektif. Namun, bisnis digital mengharuskan afirmasi tradisi data-driven yang setiap langkah mengharuskan tolok ukur yang jelas. Testing memiliki setidaknya tiga keunggulan untuk pengembangan materi iklan.

Ketuk untuk melihat penjelasan:
Mencapai hasil yang lebih baik

Testing dapat menghindari biaya pelaksanaan materi iklan yang memiliki performance buruk. Jika kita ingin mencoba sesuatu yang baru, tetapi tidak yakin bagaimana kinerjanya, kita dapat mengujinya untuk melihat potensi efektivitasnya.

Membuktikan apa yang bekerja sejak awal

Tes pre-campaign yang membandingkan dua versi materi iklan dapat membuktikan apa yang berhasil dari awal dan menyelesaikan perdebatan internal. Hal ini dapat membantu kita mengelola hasil kreatif yang lebih baik.

Memberikan nilai yang lebih besar kepada klien

Testing dapat digunakan untuk memastikan hasil terbaik dari setiap kampanye. Ini juga bisa menjadi peluang bagi agensi kreatif untuk memberikan nilai tambah kepada klien mereka dan membuat kampanye lebih sukses.

Solusi Testing

A/B Testing

A/B testing membandingkan dua versi iklan berbeda untuk menentukan mana yang memiliki performance lebih baik terhadap metrik pilihan kita. Jika kita ingin menguji perubahan taktis, misal berbagai versi iklan atau best practice untuk mengoptimalkan iklan di masa mendatang, kita dapat menggunakan A/B testing.

Lift Testing

Kita juga dapat melihat nilai sebenarnya dari iklan kita dan mengukur dampak iklan menggunakan lift test. Lift test membandingkan tindakan orang-orang yang memiliki kesempatan untuk melihat iklan Anda dengan orang-orang yang belum menentukan apakah iklan Facebook kita memberikan hasil yang diinginkan.

Selayang Pandang

  • Split test bermanfaat untuk memvalidasi dua opsi dalam strategi produk.
  • Lift Test biasa digunakan untuk mengestimasi performa produk secara keseluruhan.
  • Untuk proses riset yang lebih luas, bisa gunakan nested test.

Kuis

Apa yang perlu disiapkan untuk melakukan A/B Test?

Selamat, Anda telah menyelesaikan pelajaran ini
Klik untuk menyelesaikan