Mewujudkan Etika Kerja di Slack

Melalui kelas ini, kamu diajak untuk:

  • Pemanfaatan fitur
  • Membuat lingkungan kerja di Slack lewat workspace.

Etika

Etika dari penggunaan sebuah platform bergantung dari usernya. Dengan tujuan untuk mengkanalisasi percakapan kerja dengan optimal, Slack menghadirkan fitur-fitur untuk menerapkan cara kerja yang sehat.

Etika Percakapan di Slack

Ada banyak komunikasi yang terjalin dalam satu lingkup organisasi.

Jangan Kirim Pesan Tidak Penting

Mood penggunaan Slack adalah bekerja, dan setiap notifikasi pesan yang muncul akan dianggap sebagai pekerjaan baru. Maka, sebisa mungkin tidak banyak mengirimkan pesan.

Jika pesan yang akan dikirim memang harus panjang, tidak masalah jika menulis sampai beberapa paragraf. Namun, pesan yang dibuat tidak perlu bertele-tele. Gunakan kalimat langsung yang singkat-padat-jelas, tambahkan emoji bila perlu.

Perbedaan Channel dan Direct Message

Anggota tim dilarang mencampuraduk fungsi channel dan direct message. Secara umum, setiap pesan harus dibahas di channel, apalagi proses diskusi yang melibatkan peran lebih banyak anggota tim. Sementara direct message digunakan untuk bertukar pikiran, dan sebisa mungkin diminimalisir.

Thread

Proses diskusi dalam Slack bisa melalui thread atau berbalas komentar di dalam satu chat. Sehingga, channel utama tidak akan dikotori oleh banyaknya chat. Contoh penerapan thread bisa dilihat gambar di bawah:

Emoji

Penggunaan emoji dapat membantu interaksi lebih ceria sekaligus mempersingkat kalimat-kalimat tertentu. Berikut daftar emoji yang sering dipakai.

Mengatur Notifikasi

Setiap pesan masuk, baik itu di channel tempat sebuah akun berada atau mention, akan muncul di notifikasi. Akan baik-baik saja bila notifikasi muncul pada jam kerja. Namun jika jam kerja sudah selesai (atau bahkan saat libur) tiba-tiba muncul notifikasi, apa tidak pusing?

Slack memnyediakan fitur untuk meminimalisir yang dapat membuat notifikasi menjadi gangguan. Berikut daftarnya:

Fitur "Do Not Disturb"

Slack akan mematikan notifikasi ketika dikehendaki. Gunakan fitur DND untuk menandai sedang tidak bisa dihubungi untuk keperluan kerja. Fitur DND juga bisa dilakukan pada jam kerja, terutama ketika membutuhkan waktu khusus untuk fokus pada satu hal.

Terdapat pengecualian untuk fitur DND. Kolega dapat mengirim pesan mendesak dengan jatah maksimal sekali sehari kepada akun yang berada dalam status DND. Sehingga, perlu diatur aturan main penggunaan DND. Misalnya seperti berikut:

  • Di luar jam kerja.
  • Sertakan alasan jika menggunakan saat jam kerja.
  • DND jam kerja tidak boleh lebih dari satu jam.

Status Akun

Setiap pengguna dapat mengganti status akun beragam untuk memberi tanda kepada kolega lain yang hendak menghubungi. Opsi status akun bisa dilihat gambar di bawah:

Perhatian!!!

Setiap chat, termasuk private channel, dapat dipantau oleh bos. Pastikan Slack hanya untuk urusan pekerjaan saja, bukan untuk percakapan pribadi.

Selayang Pandang

  • Utamakan channel alih-alih direct message.
  • Fitur DND akan mematikan notifikasi.
  • Ubah status akun untuk memberi tahu keadaan kepada kolega.

Kuis

Saat proses diskusi, fitur mana yang bisa dimanfaatkan?

Selamat, Anda telah menyelesaikan pelajaran ini
Klik untuk menyelesaikan