Saluran Komunikasi Daring

Melalui kelas ini, kamu diajak untuk:

  • Mengidentifikasi saluran komunikasi dan penggunaannya pada jenis pesan tertentu

Tentang Saluran Komunikasi

Saluran komunikasi adalah pisau bermata dua. Ketika kita menggunakan saluran yang tepat, saluran komunikasi dapat memperkuat output pekerjaan. Tetapi dengan saluran yang salah, ia justru mengganggu produktivitas dan output pekerjaan. Maka dari itu, kita perlu menentukan kapan saluran komunikasi tertentu digunakan, dan untuk apa mereka digunakan.

Komunikasi Sinkronis vs Asinkron

Dalam bekerja daring, saluran komunikasi terbagi menjadi dua, yakni saluran komunikasi sinkronis dan saluran komunikasi asinkron.


Ketuk untuk melihat penjelasan:
Sinkronis

Saluran komunikasi sinkronis adalah saluran komunikasi secara real-time dengan respon langsung, seperti panggilan telepon dan video call.

Asinkron

Saluran komunikasi asinkron adalah saluran komunikasi yang memiliki jeda respon, misal email, direct message, group chat, dan sebagainya.

Menentukan Saluran Komunikasi Berdasarkan Prioritas

Dua saluran komunikasi di atas memiliki fungsi yang efektif pada jenis-jenis pesan tertentu. Untuk memastikan saluran komunikasi tidak berbalik menyerang, kita harus menetapkan prioritas jenis pesan di mana saluran komunikasi cocok digunakan.

Pertama, kita perlu membuat skala prioritas dari suatu pesan berdasarkan dua aspek; urgensi dan seberapa penting pesan tersebut. Kita bisa menggunakan pembagian kuadran di bawah ini untuk memudahkan pembagian jenis pesan.

Selanjutnya, kita perlu mengidentifikasi saluran-saluran komunikasi yang ideal digunakan berdasarkan prioritas yang sudah diidentifikasi.

Geser untuk melihat langkah-langkahnya.

Untuk kuadran kiri-bawah, gunakan chat pribadi dan pastikan kita menjelaskan bahwa pesan hanya perlu dibalas saat rekan memiliki waktu luang.

Contoh: Diskusi ide yang baru terlintas di pikiran.

Kita bisa menggunakan telepon atau pesan pribadi karena membutuhkan respons sesegera mungkin.

Contoh: Tugas yang belum selesai tapi sudah menjelang tenggat.

Untuk kuadran kanan-bawah, kita bisa menggunakan email untuk menunjukkan bahwa pesan formal dan penting, tetapi tidak butuh direspon secara cepat.

Contoh: Permintaan surat dari HRD

Urgen dan tak butuh balasan cepat, kita dapat menggunakan chat pribadi. Tapi karena tidak terlalu, penting jangan ganggu konsentrasi rekan dengan panggilan telepon.

Contoh: Diskusi ide yang baru terlintas di pikiran.

Pro Tips

  • Seperti program dan tugas, komunikasi juga memerlukan manajemen waktu dan prioritas.
  • Tidak semua obrolan memerlukan jawaban segera via telepon. Perlu diperhatikan soal urgensi pesan sebelum menghubungi rekan.

Kuis

Jenis pesan seperti apakah yang hanya boleh disampaikan lewat telepon?

Selamat, Anda telah menyelesaikan pelajaran ini
Klik untuk menyelesaikan