Beda Kerja Remote dan Konvensional

Melalui kelas ini, kamu diajak untuk:

  • Memahami konsep online teamwork dan perbedaannya dengan in-person teamwork.
  • Mengidentifikasi aspek-aspek penting membangun online teamwork

Pentingnya Remote Working

Di banyak sektor pekerjaan, perusahaan, baik skala besar maupun kecil, telah mengadopsi pola kerja remote atau jarak jauh. Pola ini kian populer digunakan, terutama di tempat kerja yang memiliki pekerja, mitra, atau kolaborator di berbagai tempat. Oleh karena itu, amat penting mempelajari kiat-kiat membangun kerjasama daring/remote.

Sebagai disclaimer, sepanjang materi-materi dalam kelas ini akan menggunakan kerjasama daring (online) dan jarak jauh (remote) secara bergantian. Keduanya dapat dimaknai sebagai hal yang sama.

Online Teamwork vs In-Person Teamwork

Bekerja secara daring amat berbeda dengan bekerja di waktu dan tempat bersamaan. Dengan perbedaan ruang dan waktu, miskomunikasi dan mispersepsi riskan terjadi. Jika ada ketidaksesuaian, kita tidak bisa pergi ke meja kolega dan meluruskan persoalan atau membicarakannya saat istirahat makan di kantin kantor.

Ilustrasi Felicities via Freepik

Ada banyak risiko menghasilkan masalah saat bekerja dengan tim secara daring, misal:

  • Miskomunikasi karena ketidakjelasan pesan.
  • Tenggat waktu yang terlewat karena otonomi kerja.
  • Tugas-tugas terbengkalai akibat alur koordinasi dan komando yang tidak jelas.

Membangun Online Teamwork

Banyaknya risiko bukan berarti online teamwork tidak bisa menjadi sistem yang sukses. Risiko-risiko di atas justru adalah bahan pertimbangan menyusun sistem kerja daring yang jelas, aplikatif, dan bermanfaat.

Membangun online teamwork terbagi menjadi empat aspek penting. Ketuk untuk melihat lebih lanjut.


Ketuk untuk melihat penjelasan:
Interaksi dengan Tim

Interaksi dengan tim meliputi pola komunikasi seimbang antara pesan padat dan jelas terkait penugasan, serta pesan-pesan yang organik antara sesama manusia.

Sistem Manajemen

Aspek ini meliputi sistem manajemen yang efektif dan efisien untuk digunakan.

SOP

Standar operasional prosedur meliputi detail bagaimana anggota tim harus melakukan sesuatu, kapan harus dilakukan, dan berapa lama waktu yang diberikan.

Saluran Komunikasi

Saluran komunikasi meliputi jenis-jenis saluran yang digunakan untuk jenis pesan/tugas tertentu berdasarkan prioritasnya.

Pro Tips

  • Bekerja remot berawal dari cara berpikir. Pastikan seluruh tim menginternalisasi nilai kemandirian dan tanggung jawab.
  • Komunikasi harus jelas. Komunikasi virtual dalam remote working berpotensi menimbulkan banyak noise.

Kuis

Kenapa sebuah tim pekerja remote memerlukan SOP?

Selamat, Anda telah menyelesaikan pelajaran ini
Klik untuk menyelesaikan