Prinsip Dasar Komunikasi Bisnis
Melalui kelas ini, kamu diajak untuk:
- Mengetahui jenis-jenis komunikasi secara umum.
- Memahami komunikasi yang dilakukan oleh entitas bisnis.
Komunikasi Efektif
Manusia adalah makhluk yang gemar bercerita. Setiap hari kita semua berinteraksi dengan orang lain, baik itu hanya seorang maupun berkelompok. Dari komunikasi lahir interaksi yang kemudian mempengaruhi cara pandang antara orang satu dengan yang lain.
Jika selip lidah di hadapan teman "hanya" berisiko membuatnya marah, kesalahan bakal menimbulkan risiko lebih pahit di ranah bisnis. Maka, setiap organisasi menangani komunikasi dengan sebuah strategi. Komunikasi yang efektif membutuhkan persiapan, trial-and-error, dan ketekunan.
Kepada Siapa Kita Berkomunikasi?
Perusahaan tidak bisa lepas dari komunikasi. Mereka juga mengobrol dengan beberapa orang dalam satu kumpulan yang dikenal, atau meracau di media sosial yang dapat diakses publik secara luas, walau dalam bahasa atau kepentingan berbeda. Kepada siapa kita berkomunikasi memiliki cara yang berbeda-beda. Apa saja perbadaannya? Lihat penjelasan berikut:
Apa yang Disampaikan?
Ketika menulis atau membicarakan sesuatu, kita tidak hanya merangkai kata tapi juga berusaha menunjukkan jati diri, pikiran, dan apa yang kita punya. Manusia punya gaya komunikasi berbeda beda seperti langsung atau tidak enakan. Mari kita lihat jenis-jenisnya:
Pesan Utama
Mengungkapkan secara langsung tanpa tedeng aling-aling. Biasanya, penggunaan pesan utama menggunakan kalimat langsung dan kata kerja yang tidak ambigu. Misalnya ketika kita meminta seseorang duduk, kita bisa langsung mengucapkan "Silakan duduk." Kalimat tegas ini tidak memerlukan bantuan gestur tertentu karena sudah cukup tegas.
Pesan Sekunder
Tidak berusaha menyampaikan dengan tegas dan gamblang. Pesan sekunder meminimalisir kerentanan yang dimiliki pesan primer yang dapat menyinggung perasaan orang lain.
Pesan Auxiliary
Menggabungkan komunikasi langsung dan tidak langsung. Kombinasi dua gaya penyampaian pesan terletak di gabungan ucapan, intonasi, dan gestur.
Berkomunikasi adalah seni menyampaikan pesan dan membutuhkan teknik bercerita yang tepat. Sebelum memahami teknik bercerita, mari kita pahami komponen apa saja yang membentuk sebuah pesan. Ketuk bagan di bawah untuk melihat penjelasan:
Attention Statement
Menarik perhatian sekaligus merebut fokus lawan bicara. Caranya dengan langsung menyebut apa manfaat yang bakal didapat lawan bicara ketika menyimak pesan yang bakal disampaikan.
Pengenalan
Setelah mendapatkan emosinya, lawan bicara akan mencoba mencari tahu "Siapa orang ini sampai berani-beraninya menjanjikan hal tersebut?" Lanjutkan dengan memperkenalkan diri. Proses ini berusaha membangun validasi dan keakraban sebagai orang yang berbicara.
Body
Memenuhi janji di bagian awal dengan menjelaskan setiap poin pesan secara rinci. Bagian ini berisi pembedahan pesan lewan beberapa poin. Pastikan penjelasan poin ini melalui susunan alur yang nyaman, sehingga tidak membingungkan lawan bicara.
Conclusion
Dari berbagai poin penjelasan yang telah disampaikan. Caranya dengan menyajikan esensi dari poin-poin penyangga pesan.
Residual Message
buat rangkuman yang dapat membantu lawan bicara mengingat pembahasan dalam 1 kalimat. Dalam menyusunnya, pertimbangkan hal-hal berikut:
- Bagaimana lawan bicara mengingatnya?
- Pesan apa yang harus melekat di pikiran lawan bicara?
- Apa yang lawan bicara bisa lakukan lewat pesan kita?
Ke Mana Perusahaan Harus Berbicara?
Sebagai entitas bisnis, komunikasi adalah salah satu cara perusahaan untuk meraih keuntungan. Target bisnis seperti citra baik, kepatuhan terhadap aturan, yang berujung pada kesuksesan transaksi. Corporate Communications mencangkup internal dan eksternal.
Internal
Berkomunikasi dengan mitra atau klien dengan tujuan memberi informasi atau pengaruh.
Konsumen
Presentasi kepada klien hingga kampanye memperkenalkan produk lewat iklan.
Pemerintah
Berkomunikasi rutin dengan pemerintah tentang regulasi terkait industri tempat produk beredar.
Publik Lewat Media Massa
Mengangkat citra perusahaan agar dapat diakses publik, termasuk risiko PR crisis guna menghindari hujatan publik.
Pro Tips
- Komunikasi bergantung pada jenis-jenis lawan bicara, apakah itu individu, kelompok, atau massa.
- Komunikasi perusahaan menggabungkan faktor internal dan eksternal.
Kuis
Di bagian struktur pesan manakah yang berusaha memberi pengingat pada lawan bicara??