Menjangkau Kandidat

Melalui kelas ini, kamu diajak untuk:

  • Membuat pengumuman lowongan kerja yang efektif.
  • Memahami saluran lowongan kerja.

Pentingnya Publikasi

Kandidat tak datang tiba-tiba dan perusahaan harus menjemputnya. SDM andal tersebar di berbagai tempat membuat penyebaran informasi menjadi tantangan tersendiri. Ketika sudah terjangkau, keputusan untuk mendaftar atau tidak bergantung pada informasi awal yang menarik.

Membuat Pengumuman

Para kandidat baru mendaftar setelah melihat pengumuman resmi perusahaan. Mereka akan mempertimbangkan reputasi perusahaan, posisi yang tersedia, hingga kompensasinya. Namun ketiganya tidak akan tampak tanpa komunikasi yang jelas.

Penjelasan ini dinamakan job description yakni penjelasan singkat dan jelas soal posisi yang tersedia. Ikuti cara berikut untuk menulis job description yang tepat.

  • Jangan lupa sertakan informasi utama seperti judul, departemen, contact person, tanggung jawab dan tugas, jenis kontrak, dan kualifikasi yang dibutuhkan.
  • Jangan bertele-tele.
  • Hindari memasukkan rincian kerja yang terlalu luas.

Employer Branding: Membangun Citra Guna Menarik Talenta

Ada banyak lowongan setiap harinya, tapi hanya segelintir yang mencuri perhatian terbaik. Menurut data Glassdoor, 95% kandidat memperhatikan reputasi perusahaannya. Namun jika perusahaan baru, bagaimana bisa menyaingi reputasi perusahaan uzur?

Solusinya adalah dengan menerapkan employer branding atau membangun reputasi perusahaan dari citra karyawannya. Perusahaan harus terlihat sebagai kumpulan talenta keren dengan karya monumental. Untuk memulainya, ikuti trips di bawah:

Audit

Ketahui dahulu bagaimana pandangan karyawan sendiri dan orang luar dalam melihat perusahaan. Masukan ini nantinya akan membentuk sebuah storyline tentang brand dan lingkungan kerjanya yang disebut Employee Value Proposition.

Tentukan Brand System

Rajin buat konten soal kehidupan kantor dan profil karyawan. Buat dengan desain seniat mungkin, lalu tampilkan di berbagai media sosial.

Pantau Media Sosial dan Platform Pencarian Lowongan

Rajin melihat komentar di media sosial atau ulasan user di platform lowongan kerja. Kandidat akan sangat memperhatikan pandangan khalayak umum terkait perusahaan tersebut.

Kanal Informasi

Dengan

Program rekrutmen membutuhkan biaya besar serta kejelian ekstra. Kapan perusahaan harus merekrut SDM baru? Refleksikan kondisi berikut:

Website Perusahaan

Kandidat biasa merujuk laman perusahaan untuk mencari lowongan.

Linkedin

Berinteraksi di media sosial profesional sekaligus branding.

Platform Penghubung Tenaga Kerja

Unggah kebutuhan SDM di platform khusus para pencari kerja.

Head Hunter

Hubungi jasa pencari SDM dengan jaringannya yang luas.

Job Fair

Ikuti event akbar yang digelar pemerintah dan kampus.

Pro Tips

  • Pengumuman lowongan harus mencantumkan informasi yang dibutuhkan calon karyawan seperti posisi, deskripsi pekerjaan, dan cara mendaftar.
  • Perusahaan harus memiliki employer branding agar memiliki reputasi sebagai tempat kerja yang keren.

Kuis

Platform apa yang paling cocok untuk proses rekrutmen sembari melakukan branding?

Selamat, Anda telah menyelesaikan pelajaran ini
Klik untuk menyelesaikan