Merancang Kultur yang Tepat Lewat Identifikasi Masalah

Melalui kelas ini, kamu diajak untuk:

  • Mengenal jenis data yang dibutuhkan dalam assessment.
  • Mengidentifikasi langkah-langkah melakukan assessment.
  • Mengenal jenis-jenis pertanyaan yang ditanyakan dalam assessment.

Assessment Awal

Assessment awal adalah langkah penting dalam menciptakan suatu kultur perusahaan. Dalam assessment awal, tugas kita adalah mencari data sebanyak-banyaknya tentang apa yang karyawan pikirkan dan rasakan tentang pekerjaan mereka, secara spesifik, dan perusahaan, secara umum.

Data yang Dibutuhkan

Ada dua jenis data yang kita butuhkan, data kuantitatif dan data kualitatif.

Ketuk untuk melihat penjelasan:
Kuantitatif

Data kuantitatif dapat didapatkan dengan mengadakan survei. Kita bisa menggunakan tools seperti Google Form atau SurveyMonkey untuk memastikan input dari setiap karyawan terekam sebagai data kita.

Kualitatif

Data kualitatif didapatkan dengan wawancara. Dengan wawancara, kita bisa menyelam lebih detail tentang apa yang karyawan pikirkan tentang perusahaan. Jika kita memiliki 10 karyawan, wawancara seluruhnya. Jika kita memiliki 50 karyawan atau lebih, wawancara 20% dari jumlah total untuk mendapatkan gambaran besarnya.

Apa yang Harus Ditanyakan?

Sebelum menyelam ke daftar pertanyaan yang ingin kita tanyakan, pastikan kita telah memisahkan karyawan menjadi kelompok-kelompok kecil sesuai dengan titel pekerjaan mereka. Hal ini dilakukan untuk memudahkan kita membayangkan kondisi setiap divisi dalam perusahaan.

Sekarang saatnya menjabarkan jenis-jenis pertanyaan. Lihat tabel di bawah ini untuk mengidentifikasi aspek-aspek penting dalam pertanyaan yang kita ajukan.

Gaya Hidup

Tanyakan pada karyawan apakah 1) etos kerja perusahaan bersinggungan dengan gaya hidup mereka, dan apakah 2) perusahaan berkontribusi positif terhadap gaya hidup.

Etos dan Moral

Tanyakan pada karyawan apakah 1) sistem koordinasi dalam divisi spesifik, dan perusahaan secara umum, memuaskan, 2) perusahaan memberikan mereka ruang aman dan nyaman, 3) perusahaan memiliki toleransi nol terhadap diskriminasi/

Pendidikan

Tanyakan pada karyawan apakah 1) perusahaan memberikan kebutuhan pengetahuan yang mereka cari, 2) memotivasi mereka untuk belajar, dan 3) memberikan lingkungan yang sehat bagi proses belajar mereka.

Nilai Perusahaan

Tanyakan pada karyawan apakah 1) mereka percaya pada produk/jasa yang mereka kerjakan, 2) nilai dan personality dari brand/perusahaan, serta apakah 3) mereka mau merekomendasikan perusahaan ke orang lain.

Beri masing-masing aspek tersebut setidaknya 10 pertanyaan, baik untuk survei maupun wawancara.

Apa yang Harus Ditanyakan?

Sebelum menyelam ke daftar pertanyaan yang ingin kita tanyakan, pastikan kita telah memisahkan karyawan menjadi kelompok-kelompok kecil sesuai dengan titel pekerjaan mereka. Hal ini dilakukan untuk memudahkan kita membayangkan kondisi setiap divisi dalam perusahaan.

Sekarang saatnya menjabarkan jenis-jenis pertanyaan. Lihat tabel di bawah ini untuk mengidentifikasi aspek-aspek penting dalam pertanyaan yang kita ajukan.

Gaya Hidup

Tanyakan pada karyawan apakah 1) etos kerja perusahaan bersinggungan dengan gaya hidup mereka, dan apakah 2) perusahaan berkontribusi positif terhadap gaya hidup.

Etos dan Moral

Tanyakan pada karyawan apakah 1) sistem koordinasi dalam divisi spesifik, dan perusahaan secara umum, memuaskan, 2) perusahaan memberikan mereka ruang aman dan nyaman, 3) perusahaan memiliki toleransi nol terhadap diskriminasi/

Pendidikan

Tanyakan pada karyawan apakah 1) perusahaan memberikan kebutuhan pengetahuan yang mereka cari, 2) memotivasi mereka untuk belajar, dan 3) memberikan lingkungan yang sehat bagi proses belajar mereka.

Nilai Perusahaan

Tanyakan pada karyawan apakah 1) mereka percaya pada produk/jasa yang mereka kerjakan, 2) nilai dan personality dari brand/perusahaan, serta apakah 3) mereka mau merekomendasikan perusahaan ke orang lain.

Beri masing-masing aspek tersebut setidaknya 10 pertanyaan, baik untuk survei maupun wawancara.

Perencanaan

Terakhir, kita perlu merencanakan apa yang ingin kita ubah dari kultur perusahaan saat ini. Caranya adalah dengan membuat tabel berisi kultur sekarang dan kultur masa depan.

Geser untuk melihat langkah-langkahnya.

Buat tabel seperti ini. Kolom pertama adalah kolom berisi kultur saat ini, dan kolom ketiga berisi sasaran sebagai target kultur masa depan.

Isi kolom pertama dengan hasil dari data-data assessment yang telah dilakukan.

Isi kolom ketiga dengan bayangan kultur ideal dalam perusahaan.

Kolom kedua adalah gap kultur antara kedua kolom lainnya. Tugas kita nantinya adalah menyusun kampanye untuk membuat kolom ketiga terwujud.

Selayang Pandang

  • Kultur menjadi faktor penting yang menarik talenta terbaik.
  • Sebuah kultur perlu dikampanyekan secara terstruktur dan dievaluasi secara terukur.

Kuis

Dalam penyusunan bagan desain kampanye, apa yang harus diisi di bagian akhir?

Selamat, Anda telah menyelesaikan pelajaran ini
Klik untuk menyelesaikan