Pengenalan Excel dan Struktur Worksheet

Melalui kelas ini, kamu diajak untuk:

  • Mengidentifikasi komponen-komponen dalam struktur worksheet

Tentang Excel

Microsoft Excel, atau sering disebut Excel, adalah software lembar kerja yang dikembangkan oleh Microsoft sejak tahun 1987. Fitur-fitur utama dari Excel adalah perhitungan dan proyeksi data, tools untuk membuat grafik, dan tabel pivot. Excel umum digunakan untuk mengelola laporan keuangan, aset, dan data-data numerik lainnya.

Struktur Halaman Excel

Halaman dalam File Excel dinamakan worksheet. Struktur worksheet terdiri dari tiga komponen utama, yaitu:

  • Menu Bar
  • Ribbon
  • Sheet

Kita akan mengulas masing-masing bagian struktur tersebut sepanjang materi ini.

Menu Bar

Menu bar adalah petunjuk menu yang bisa kita lihat di bagian paling atas worksheet. Di dalamnya terdapat pilihan menu yang umum kita lihat dalam program-program Microsoft Office seperti Word dan PowerPoint. Setiap menu bar memiliki ribbonnya masing-masing sesuai dengan fungsinya.

Ketuk untuk memahami secara umum masing-masing menu.

File
Menu ini digunakan untuk mengatur file, seperti membuat file baru, membuka file yang ada di komputer, dan menyimpan file.
Home
Home adalah menu yang secara default ditampilkan saat kita membuka Excel. Home berisi ribbon yang paling sering digunakan, seperti pengaturan teks dan tata letak.
Insert
Insert adalah menu yang digunakan untuk memasukkan item-item tertentu, seperti gambar, tabel, dan chart/grafik.
Page Layout
Page layout berfungsi untuk mengatur tata letak halaman (sheet), seperti margin, orientasi halaman, ukuran, dan tema.
Formulas
Formulas berisi rumus-rumus yang dapat kita gunakan dalam Excel. Kita dapat mencari formula yang kita butuhkan berdasarkan kategori-kategori tertentu, misalnya Financial, Data & Time, dan Text.
Data
Data adalah menu yang digunakan untuk mengelola data, misalnya filter dan sortir.
Review
Jika kita ingin memasukkan komentar atau mengecek pengejaan dalam worksheet, opsi-opsi ini ada dalam menu review.
View
View berfungsi untuk mengatur bagaimana kita melihat sheet dan sel-sel di dalamnya.

Contoh ribbon dari menu Home

Sheet

Misal kita sedang membuat sebuah laporan keuangan. Kita ingin membuat laporan berdasarkan urutannya. Untuk melakukannya, kita tidak perlu membuat file-file terpisah. Kita bisa memiliki beberapa Sheet dalam satu worksheet. Sheet terletak di bagian bawah worksheet.

Lihat contohnya di bawah ini:

Kita juga bisa memberikan nama pada masing-masing sheet dengan cara:

  • Klik kanan pada Sheet yang ingin diubah namanya.
  • Pilih Rename.
  • Ubah nama sesuai kebutuhan.

Selayang Pandang

  • Struktur file Microsoft Excel, atau worksheet, berisi tiga komponen utama, yaitu menu bar, ribbon, dan sheet.
  • Jika kita membutuhkan ragam sheet dalam satu worksheet, kita tinggal menambah sheet sekaligus menamai masing-masing sheet sesuai kebutuhan.

Kuis

Apa menu yang mengatur tata letak halaman worksheet?

Selamat, Anda telah menyelesaikan pelajaran ini
Klik untuk menyelesaikan