Pengenalan Excel dan Struktur Worksheet
Melalui kelas ini, kamu diajak untuk:
- Mengidentifikasi komponen-komponen dalam struktur worksheet
Tentang Excel
Microsoft Excel, atau sering disebut Excel, adalah software lembar kerja yang dikembangkan oleh Microsoft sejak tahun 1987. Fitur-fitur utama dari Excel adalah perhitungan dan proyeksi data, tools untuk membuat grafik, dan tabel pivot. Excel umum digunakan untuk mengelola laporan keuangan, aset, dan data-data numerik lainnya.
Struktur Halaman Excel
Halaman dalam File Excel dinamakan worksheet. Struktur worksheet terdiri dari tiga komponen utama, yaitu:
- Menu Bar
- Ribbon
- Sheet
Kita akan mengulas masing-masing bagian struktur tersebut sepanjang materi ini.
Menu Bar
Menu bar adalah petunjuk menu yang bisa kita lihat di bagian paling atas worksheet. Di dalamnya terdapat pilihan menu yang umum kita lihat dalam program-program Microsoft Office seperti Word dan PowerPoint. Setiap menu bar memiliki ribbonnya masing-masing sesuai dengan fungsinya.
Ketuk untuk memahami secara umum masing-masing menu.
File
Home
Insert
Page Layout
Formulas
Data
Review
View
Contoh ribbon dari menu Home
Sheet
Misal kita sedang membuat sebuah laporan keuangan. Kita ingin membuat laporan berdasarkan urutannya. Untuk melakukannya, kita tidak perlu membuat file-file terpisah. Kita bisa memiliki beberapa Sheet dalam satu worksheet. Sheet terletak di bagian bawah worksheet.
Lihat contohnya di bawah ini:
Kita juga bisa memberikan nama pada masing-masing sheet dengan cara:
- Klik kanan pada Sheet yang ingin diubah namanya.
- Pilih Rename.
- Ubah nama sesuai kebutuhan.
Selayang Pandang
- Struktur file Microsoft Excel, atau worksheet, berisi tiga komponen utama, yaitu menu bar, ribbon, dan sheet.
- Jika kita membutuhkan ragam sheet dalam satu worksheet, kita tinggal menambah sheet sekaligus menamai masing-masing sheet sesuai kebutuhan.
Kuis
Apa menu yang mengatur tata letak halaman worksheet?