Filter dan Sortir

Melalui kelas ini, kamu diajak untuk:

  • Mengidentifikasi cara menampilkan data berdasarkan filter tertentu
  • Menggunakan sort untuk menyortir data-data yang ditampilkan

Pengantar

Pada materi kali ini, kita akan mencoba menggunakan fitur filter dan sortir. Keduanya adalah fitur yang digunakan untuk mengatur bagaimana data-data akan ditampilkan. Misal kita tengah membuka lembar kerja dengan data-data yang begitu banyak dan beragam. Namun kita sebenarnya hanya ingin melihat data-data spesifik saja. Filter dan sortir akan sangat berguna pada kondisi-kondisi seperti ini.

Menggunakan Filter

Pertama, kita akan mengulas perihal filter. Seperti namanya, filter berfungsi untuk menyaring data. Dengan filter, kita dapat menampilkan data-data yang ingin kita lihat saja. Misal kita membuka sebuah laporan berisi jumlah kasus COVID-19 di Indonesia sejak Maret 2020 hingga Februari 2021. Kita bisa menggunakan filter untuk melihat data-data spesifik.

Menyaring data berdasarkan index

Kita bisa menyaring data menggunakan index. Misal, kita ingin melihat jumlah kasus COVID-19 pada saat PSBB tahun 2020 dijalankan, yaitu bulan Mei hingga Juli. Kita bisa menyaring data dengan cara:

  • Buka menu Data.
  • Pilih Filter.
  • Klik tanda panah pada index Tanggal, lalu pastikan hanya bulan Mei, Juni, dan Juli saja yang dicentang.
  • Excel kemudian akan menampilkan data Mei hingga Juli saja

Menyaring data berdasarkan angka

Kita juga bisa menyaring data berdasarkan angka. Misal kita hanya ingin melihat tanggal-tanggal dengan jumlah kasus harian lebih dari 1.000. Ikuti langkah-langkah ini:

  • Buka menu Data.
  • Pilih Filter.
  • Klik tanda panah pada salah satu data, dalam contoh kali ini memakai Kasus Harian.
  • Pilih Number Filters, lalu pilih Greater than.
  • Excel akan memunculkan kotak keterangan yang perlu kita isi dengan angka 1000.
  • Klik Ok, maka Excel hanya akan menampilkan tanggal dengan jumlah kasus harian di atas 1.000.

Menggunakan Sortir

Sortir atau sort adalah cara lain menampilkan data-data khusus. Jika filter digunakan untuk menyaring, sortir digunakan untuk mengurutkan data berdasarkan value-nya. Untuk data numerik, data dapat diurutkan dari terkecil hingga terbesar dan sebaliknya. Untuk data berbentuk teks, data dapat diurutkan berdasarkan urutan alfabet dan sebaliknya.

Misal kita ingin melihat jumlah kasus harian terbanyak dari Maret 2020 hingga Februari 2021. Kita dapat melakukannya dengan cara:

  • Buka menu Data.
  • Pilih Sort.
  • Isi kotak-kotak dialog seperti di bawah ini:
  • Klik Ok, maka Excel akan mengurutkan data berdasarkan jumlah kasus harian dari paling banyak hingga paling sedikit.

Selayang Pandang

  • Filter dan sort adalah fitur yang disediakan Excel untuk menampilkan data-data spesifik yang dibutuhkan.
  • Filter digunakan untuk menyaring data berdasarkan jenis parameternya, seperti index atau angka.
  • Sort digunakan untuk mengurutkan data (teks atau numerik) dari terkecil hingga terbesar dan sebaliknya.

Kuis

Apa opsi filter yang bisa kita gunakan untuk menyaring data berdasarkan jumlah angka spesifik?

Selamat, Anda telah menyelesaikan pelajaran ini
Klik untuk menyelesaikan