Manfaat QRIS
Melalui kelas ini, kamu diajak untuk:
- Mengenal QRIS.
- Memahami manfaat QRIS untuk bisnis.
Satu QR Code untuk Seluruh Indonesia
Tren pembayaran digital yang semakin merebak ikut mengubah perilaku konsumen. Untuk menaungi ekosistem tersebut, Bank Indonesia sejak 1 Januari 2020 memberlakukan sistem Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) untuk seluruh penyedia layanan pembayaran nontunai.
QRIS sama seperti nomor rekening sebagai destinasi transaksi, dengan cara kerja lebih praktis. Konsumen tinggal memindai QR code penjual, mengisi nominal, lalu konfirmasi tak lebih dari 5 ketukan. Sistem QRIS tidak hanya diterapkan oleh dompet digital tersohor seperti GoPay dan Ovo, tapi juga bank-bank besar lain.
Apa Untungnya untuk Bisnis?
Memiliki QRIS berarti mengikut tren konsumen digital hari ini yang semakin menggemari pembayaran online secara mudah dan praktis. Tren ini bukan ada untuk gaya-gayaan semata, tapi juga menunjang operasi bisnis. Berikut manfaatnya:
Mempermudah Proses Transaksi
Konsumen bisa membayar dengan mudah dan cepat dalam sekali ketuk. Setiap transaksi terekam dalam satu catatan terintegrasi.
Banyak Alternatif Pembayaran
Memberi fasilitas yang mampu menampung beragam dompet digital dan perbankan.
Fleksibel
QRIS bisa dipasang di bagian kasir untuk memudahkan transaksi. Pun dengan transaksi jarak jauh, penjual cukup mengirim satu gambar, maka pembeli tak perlu ribet memasukkan nomor rekening.
Memantau Keuangan Lebih Mudah
Tak perlu lagi repot closing. QRIS memungkinkan pemantauan transaksi keuangan secara otomatis dan real-time. Pencatatan keuangan rapi memudahkan analisis keuangan, dan mudah menjangkau akses finansial.