Mengatur Kampanye Iklan

Melalui kelas ini, kamu diajak untuk:

  • Mengetahui cara mengatur nama iklan, jejaring kampanye, jadwal iklan, dan target audiens.
  • Mengidentifikasi langkah-langkah menentukan budget dan bidding.

Kampanye Iklan

Setelah memilih tujuan dan tipe iklan (jika kita mulai tanpa paket Google), kita akan dialihkan ke bagian pengaturan kampanye iklan. Di materi ini, kita akan mengulas lima bagian paling dasar untuk pengiklan pemula, yaitu nama, jejaring, jadwal, target audiens, dan budget.

Nama dan Network Kampanye

Pertama-tama, mari atur nama kampanye dan jejaring jangkauan. Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Beri nama kampanye pada kolom Campaign Name.
  • Perhatikan kolom jejaring di bawah ini.
  • Ada kotak centang pada Include Google search partners dan Include Google Display Network. Kedua kotak ini adalah fitur untuk mengikutsertakan situs-situs mitra Google dalam target jangkauan kampanye iklan. Kotak ini akan otomatis tercentang saat halaman dimuat. Klik untuk membatalkan penandaan pada kotak jika kita tidak ingin menggunakan fitur tersebut.

Jadwal Iklan

Jika kita scroll sedikit ke bawah, kita akan menemukan Show more settings. Klik perintah tersebut untuk mendapatkan tampilan seperti ini.

Untuk mengatur jadwal iklan, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Klik Start and end dates. Kita akan diperlihatkan kotak tampilan seperti ini.

  • Pilih jadwal dari Start date, lalu atur durasi kampanye iklan di bagian End date.
  • Perhatikan keterangan di sebelah kanan. Iklan akan tetap berjalan jika kita memilih None pada bagian End date.

Target Audiens

Bagian selanjutnya yang akan kita ulas adalah target audiens. Di bagian ini, ada tiga hal yang perlu kita perhatikan, yaitu lokasi, bahasa, dan segmen audiens.

Geser untuk mulai menyasar audiens.

Lokasi

Pilih lokasi berdasarkan tiga opsi, seluruh negara, negara tempat kita tinggal, atau menambahkan beberapa negara spesifik.

Bahasa

Bahasa default dari Google adalah bahasa Inggris. Kita dapat menambahkan bahasa lain di bagian sebelah kanan.

Segmentasi Audiens

Pilih segmentasi audiens berdasarkan kata kunci populer. Abaikan jika kita tidak butuh pengaturan spesifik.

Menetapkan Budget

Kita sampai pada bagian terakhir materi, yaitu anggaran. Di bagian pengaturan anggaran, ada dua bagian yang perlu kita pahami, yaitu Budget dan Bidding.

Budget

Di bagian budget, kita diminta untuk menetapkan anggaran harian. Perlu diketahui bahwa anggaran per bulan tidak akan melebihi anggaran harian dikali 30 hari. Namun, kadang hari-hari tertentu memiliki jumlah klik lebih sedikit sehingga “sisa” kuota untuk hari tersebut dapat dialihkan untuk memaksimalkan hari-hari lain. Dengan kata lain, anggaran harian adalah rata-rata harian biaya per bulan.

Bidding

Di bagian bidding, kita akan melihat tampilan seperti ini.

Secara default, Google akan menggunakan strategi Maximize Clicks. Strategi ini digunakan untuk memaksimalkan klik namun tetap sesuai dengan batasan anggaran.

Kita juga bisa mengatur Cost per Click (CPC) lewat kotak centang yang disediakan. CPC adalah biaya maksimum untuk iklan setiap ada tindakan klik pada iklan. Biasanya, CPC disesuaikan 1/10 dari biaya anggaran harian.

Rangkuman

  • Target audiens disesuaikan berdasarkan lokasi, bahasa, dan segmentasi. Segmentasi audiens ditentukan dengan memilih kata kunci tertentu.
  • Anggaran harian dalam Google Ads berfungsi sebagai patokan rata-rata anggaran. Sementara Cost per Click (CPC) berfungsi sebagai patokan maksimum biaya pada setiap klik.

Kuis

Apa bagian yang mengatur Cost per Click (CPC)?

Selamat, Anda telah menyelesaikan pelajaran ini
Klik untuk menyelesaikan