Memulai Google Ads

Melalui kelas ini, kamu diajak untuk:

  • Mengenal Google Ads dan ragam keunggulan yang dimilikinya.
  • Mengetahui paket tujuan iklan dan tipe iklan yang disediakan oleh Google.

Tentang Google Ads

Hampir semua platform digital memiliki layanan pengiklanan, Google salah satunya. Dengan nama Google Ads, pengiklan dapat memanfaatkan jangkauan yang dimiliki Google sekaligus melacak progres lewat peranti pendukungnya, Google Analytics.

Keunggulan Google Ads

Popularitas Google Ads bukan tanpa alasan. Ia hadir dengan banyak keunggulan. Selain jadi raksasa mesin pencarian, Google juga punya metode targeting audiens yang tak kalah canggih.


Jangkauan Luas

Google mencatat milyaran pencarian yang dilakukan user setiap harinya. Hampir semua orang yang berselancar di internet akan mengunjungi Google setiap harinya.

Target Audiens

Sebagai mesin pencarian, Google dapat menarget audiens berdasarkan perilaku mencari kata kunci.

Kontrol Kampanye Iklan

Pengiklan memiliki kontrol untuk mengelola iklan, melihat progres, sekaligus mengubah pengaturan sebelum, saat, dan setelah iklan berjalan.

Sesuai Budget

Google akan menjalankan iklan semaksimal mungkin dengan batasan budget yang ditentukan pengiklan.


Mari Kita Mulai

Untuk memulai dengan Google Ads, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Kunjungi tautan ads.google.com.
  • Ketuk “Mulai Sekarang” di pojok kanan atas halaman web.
  • Login dengan Akun Google.

Tujuan Iklan

Setelah login, kita akan dialihkan ke halaman tujuan iklan seperti di bawah ini.

Ketuk untuk mengenali karakteristik setiap tujuan kampanye.

Sales

Meningkatkan penjualan dengan tipe iklan Search, Display, Shopping, Video, Smart, Discovery.

Leads

Mendorong audiens melakukan tindakan tertentu dengan tipe iklan Search, Display, Shopping, Video, Smart, Discovery.

Website Traffic

Meningkatkan kunjungan website dengan tipe iklan Search, Display, Shopping, Video, Discovery.

Product & Brand Consideration

Mendorong audiens mengeksplor produk dan layanan dengan tipe iklan Video.

Brand Awareness

Menjangkau audiens yang lebih luas dengan tipe iklan Display dan Video.

App Promotion

Meningkatkan instalasi dan pra-registrasi di aplikasi dengan tipe iklan App.

Local Store Visits & Promotions

Meningkatkan kunjungan ke toko dengan tipe iklan Lokal.


Kita juga bisa memilih opsi terakhir, yaitu Create a campaign without a goal’s guidance. Artinya, kita akan membuat kampanye iklan dan tipe-tipe iklan sesuai keinginan tanpa paket dari opsi-opsi sebelumnya.

Untuk kasus kita kali ini, mari mulai dari awal dengan memilih opsi tanpa paket dari Google.

Mengenal Tipe Iklan

Kita telah menyinggung tipe-tipe iklan di bagian sebelumnya. Saatnya mengenal setiap tipe iklan untuk mempermudah pertimbangan kita memilih tipe iklan kampanye kita.

Ketuk untuk melihat lebih jauh.

Search

Iklan berisi teks (headline dan description) yang ditampilkan di kolom teratas hasil pencarian Google.

Display

Iklan berisi aset visual yang menarik untuk ditampilkan di banyak website, YouTube, dan aplikasi telepon genggam.

Video

Iklan berbentuk video untuk ditampilkan di banyak website dan YouTube.

App

Iklan promosi aplikasi yang ditampilkan di ragam website, YouTube, Google Play, dan aplikasi telepon genggam lainnya.

Shopping

Promosi produk atau layanan tertentu di ragam website dan partner Google.

Discovery

Menampilkan iklan di YouTube, Gmail, Discover, dan lainnya.

Smart

Otomasi iklan tanpa banyak campur tangan pengiklan yang akan ditampilkan di banyak website, Google search, hingga Google Maps.

Local

Iklan khusus untuk mendorong audiens mengunjungi lokasi toko yang juga akan ditampilkan di Google Maps.


Mari mulai dengan tipe iklan Search. Tipe iklan ini ideal untuk pengiklan pemula. Selain mudah dikelola, tingkat jangkauan kolom pencarian di Google juga tinggi.

Rangkuman

  • Google Ads menawarkan paket kampanye iklan berdasarkan tujuannya, mulai dari meningkatkan penjualan, kunjungan website, instalasi aplikasi, hingga dorongan mengambil tindakan.
  • Tipe iklan di Google Ads meliputi iklan di kolom pencarian, YouTube, website-website yang didukung Google, Email, Google Play, hingga Google Maps.

Kuis

Apa tipe iklan yang menggunakan mode otomatis dari Google?

Selamat, Anda telah menyelesaikan pelajaran ini
Klik untuk menyelesaikan