Mengutak-Atik Google Analytics
Melalui kelas ini, kamu diajak untuk:
- Mengintegrasikan website dengan Google Analytics.
- Memahami tampilan Google Analytics.
Pentingnya Analisis
Dalam membuat platform digital, data adalah pondasi penting. Pengembangan produk digital harus sejalan dengan kebutuhan user, dan kemampuan mengumpulkan data interaksi user adalah tugas yang sama pentingnya di samping membangun platform.
Namun, data tak akan menceritakan apapun jika berdiri sendiri. Kini hadir peranti analytics untuk mengubah data menjadi paket yang siap menjalani proses analisa. Analytics menjadi satu-satunya jalan untuk menganalisis data bagi platform digital.
Google Analytics
Google Analytics adalah platform analisa data untuk setiap aktivitas pengguna di dalam sebuah website. Platform ini membutuhkan intgerasi di dalam susunan kode Javascript website, sehingga setiap interaksi user dapat terpantau.
Karena memberikan data yang maha-penting, Google Analytics menjadi favorit banyak pencipta website sebagai peranti analisis. Sebanyak 53 persen website yang ada di internet menggunakan Google Analytics sebagai tempat untuk melihat dan mengolah data. Berikut manfaat Google Analytics:
Gratis
Asal bisa mengintegrasikan, siapapun bisa melihat dan mengolah data di Google Analytics
Mudah Dipahami
Tampilan antar-muka Google Analytics begitu intuitif. Sajian data, baik variabel dan pengelompokan, sesuai kebutuhan.
Data yang Rinci
Google Analytics merinci karakter mulai dari karakteristik, interaksi di dalam platform, hingga sumber traffic.
Enterprise-Class
Fitur yang gratis telah mencangkup segala kebutuhan analisis dan layanan yang sama antara usaha kecil dan perusahaan besar.
Memulai
Untuk menggunakan Google Analytics, Anda dapat masuk ke halaman home di website Google Analyics.
Buat Akun
Pembuatan akun Google Analytics cukup menggunakan akun Google. Masuk ke laman www.analytics.google.com, kemudian ketuk daftar di laman tersebut. Setelahnya akan diarahkan menuju laman yang berisi formulir identitas diri, nama website, dan fungsi apa yang diharapkan.
Google Analytics membutuhkan perintah soal platform jenis apa yang akan dianalisa, apakah website atau aplikasi. Pemilihan keduanya punya konsekuensi berbeda.
Pemilihan keduanya punya konsekuensi berbeda. Tampilan untuk website atau apps sama sekali berbeda.
Memasang Tracking Code
Di akhir proses pendaftaran, setiap pengguna baru akan mendapatkan sebuah Tracking ID seperti berikut:
Tracking ID bekerja sebagai izin dari pengelola platform kepada Google Analytics untuk menarik dan mengolah data. Cara pemberian izin dilakukan dengan menautkan Tracking ID di susunan kode. Tempat untuk Tracking ID berada di bagian head dari kode HTML.
Dashboard
Kita tidak perlu ribet mengolah file Excel dan menganalisis data. Google Analytics secara otomatis menampilkan dalam format visualisasi data yang mudah dibaca.
Tampilan deafult dari Google Analytics adalah grafik garis yang menunjukkan perkembangan jumlah user dari waktu ke waktu.
Data
Kita tidak perlu ribet mengolah file Excel dan menganalisis data. Google Analytics secara otomatis menampilkan dalam format visualisasi data yang mudah dibaca.
Variabel datanya bisa beragam. Pelaporan Google Analytics berdasarkan pada dua istilah: Dimensions dan Metrics. Dimensions adalah atribut data user seperti asal negara, gender, atau aktivitas. Sementara Metrics adalah nilai data yang menjadi subjek pengukuran.
Analytics untuk Marketing
Google Analytics membantu proses analisa bisnis dari data user dalam website. Analisis untuk marketing berguna untuk menjawab pertanyaan berikut:
- Apakah saluran yang menjadi sumber traffic?
- Bagaimana analisis laman khusus transaksi?
Analytics untuk Website
Pembuatan website tidak harus selalu mengandung aktivitas komersial di lamannya. Ukur pemanfaatan website lewat analisis performa guna menjawab pertanyaan seperti berikut:
- Halaman apakah yang paling banyak dikunjungi?
- Bagian manakah yang membuat user meninggalkan website?
- Dengan peranti apakah user biasa mengunjungi website?