Memodifikasi Profil
Melalui kelas ini, kamu diajak untuk:
- Mengatur tata letak profil.
- Mengatur warna, teks, dan tombol di profil.
- Memanfaatkan pratinjau interaktif.
Tentang Profil Toko
Bayangkan Anda ingin menyambut pembeli di toko Anda. Anda pasti ingin memberikan impresi pertama yang berkesan. Hal ini bisa dilakukan dengan memajang produk-produk unggulan, tampilan depan toko yang menarik, dan sapaan yang ramah.
Hal yang sama tak berbeda jauh dengan berjualan di Facebook. Di Facebook Shop, Anda bisa mengatur profil toko dari segi tata letak, gaya yang mencakup warna, teks, dan tombol, serta urutan item/set yang ingin Anda pamerkan di halaman depan toko Anda.
Foto: Pixabay
Mengapa Harus Mengelola Profil?
Barang berkualitas tentu adalah hal yang paling dicari pembeli. Namun berbelanja bukan hanya soal aktivitas membelinya. Berbelanja adalah serangkaian proses, dari mencari barang, melihat review barang/toko, membandingkan barang, hingga akhirnya membeli.
Di titik ini, penting bagi toko untuk menemani setiap prosesnya agar pembeli bisa meraih kepuasan berbelanja di toko Anda. Hal ini bisa dimulai dengan mengatur profil yang meliputi:
- Item/set koleksi yang pertama kali ingin Anda tampilkan.
- Unggahan/cerita yang relevan dan menarik terkait toko atau barang Anda.
- Warna dan visual profil yang sesuai dengan brand toko Anda.
Membuka Shop Builder
Facebook Shop menyediakan fitur Shop Builder untuk mengatur profil, mulai dari tata letak hingga gaya profil Anda.
Ikuti langkah-langkah ini untuk memulai:
- Buka Sinopsis di bagian Perdagangan
- Di bagian Sinopsis, pilih Sesuaikan Toko
- Klik Modifikasi Toko untuk membuka fitur Shop Builder
Setelah melalui langkah-langkah di atas, Anda akan dialihkan ke laman ini.
Ketuk untuk melihat penjelasan:
Tata Letak
Tata Letak berisi pilihan untuk mengatur urutan tampilan item/set koleksi di profil Anda.
Gaya
Gaya berisi pilihan untuk mengatur visualisasi penunjang seperti warna, teks, dan tombol di toko Anda
Pratinjau Interaktif
Pratinjau Interaktif menyediakan fitur simulasi profil Anda dengan memposisikan Anda sebagai audiens/pembeli.
Tata Letak di Profil Toko
Di bagian Tata Letak, Anda punya dua opsi menampilkan item atau produk tunggal yang ditampilkan paling atas di profil Anda. Opsi ini meliputi pilihan secara manual atau dinamis (disesuaikan berbeda-beda setiap audiens/pembeli).
Anda juga bisa menambahkan Koleksi Produk Unggulan (jika belum) untuk ditampilkan di profil toko. Koleksi ini biasanya berisi produk-produk dengan performa (engagement) paling tinggi atau produk yang merepresentasikan brand toko Anda.
Terakhir, Anda dapat menambahkan koleksi,produk, atau kisi-kisi di profil Anda melalui fitur Tambahkan Baru seperti di bawah ini.
Gaya di Profil Toko
Ada tiga hal yang bisa Anda atur di bagian Gaya, mulai dari warna, teks, dan tombol.
Warna
Setiap toko punya karakteristik brand-nya tersendiri, tak terkecuali warna. Anda bisa menyesuaikan warna dominan di profil toko yang mencakup warna tombol dan warna tautan.
Teks
Di bagian teks, Anda bisa mengatur ukuran judul yang ingin ditampilkan. Pilihan ukuran teks judul ini meliputi Normal dan Besar.
Tombol
Anda juga dapat mengatur visualisasi tombol-tombol yang ada di profil Anda. Lihat apa saja pilihan yang disediakan oleh Facebook terkait tombol di bawah ini.
Pratinjau Interaktif
Fitur lain dari Shop Builder adalah pratinjau interaktif. Pratinjau Interaktif adalah simulasi atau uji coba melihat profil toko Anda dari sudut pandang audiens/pembeli. Melalui fitur ini, Anda bisa berinteraksi dengan profil toko Anda.
Toko Anda Sudah Siap Buka!
Setelah selesai mengatur profil Anda, klik Simpan, lalu Terbitkan Pembaruan
Langkah ini sekaligus menunjukkan bahwa toko Anda sudah siap untuk dikenalkan ke jutaan pengguna Facebook. Anda tinggal melakukan satu langkah kecil untuk membuka toko Anda.
- Kembali ke tab Sinopsis
- Di bagian Terbitkan Toko, klik tombol Terbitkan Toko
- Facebook kemudian akan meninjau toko Anda. Proses ini biasanya memakan waktu kurang dari 1x24 jam
Selayang Pandang
- Mengelola profil toko adalah bagian penting untuk memperlihatkan keunggulan toko kepada audiens/pembeli.
- Facebook Shop memiliki fitur Shop Builder yang menyediakan opsi mengatur tata letak dan gaya dari tampilan toko.
- Penjual bisa berinteraksi dengan tokonya melalui simulasi fitur Pratinjau Interaktif.
Kuis
Apa yang tidak diatur dalam modifikasi gaya di Shop Builder?