Mengenal YouTube Ads

Melalui kelas ini, kamu diajak untuk:

  • Mengetahui keunggulan beriklan di YouTube.
  • Mengenal tipe-tipe iklan di YouTube.

Tentang YouTube Ads

YouTube adalah platform berbagi konten video terbesar di dunia saat ini. Dengan 2 miliar user aktif setiap bulannya, brand dan organisasi berlomba-lomba menjangkau audiens dengan konten video menarik. Sebagai anak asuh dari Google, YouTube mengadopsi model bisnis Google, termasuk sistem iklannya.

Jika kita telah familiar dengan Google Ads, kemungkinan kita tak akan kesulitan beriklan di YouTube. Perbedaannya terletak pada ruh YouTube sebagai platform berbagi video. Tipe-tipe iklan di YouTube bergantung pada konten pemasaran video pula.

Mengapa Beriklan di YouTube?

YouTube adalah tempat ideal untuk pemasaran dan pemasangan iklan. Selain memiliki user berlimpah, YouTube mempunyai sistem targeting audiens hasil terobosan Google. Ketuk kartu-kartu di bawah ini untuk melihat keuntungan beriklan di YouTube.

Ketuk untuk mengetahui lebih lanjut.


User Aktif

YouTube saat ini memiliki 2 miliar user aktif setiap bulannya.

Tontonan Video

Setiap harinya, sekitar 5 miliar video ditonton di YouTube.

Target Audiens

YouTube Ads memungkinkan targeting audiens spesifik berdasarkan minat dan perilaku.

Performa Iklan

YouTube memberikan laporan performa iklan berdasarkan tontonan, CTA, dan masih banyak lagi.


Memulai dengan YouTube Ads

Untuk memulai dengan YouTube Ads, kita hanya perlu mengunjungi youtube.com/ads. Saat memulai, YouTube Ads akan mengalihkan kita ke langkah pertama, yaitu mengunggah video. YouTube akan menyediakan kolom pencarian video YouTube atau tautan video YouTube akun kita.

Tipe Iklan

Sebelum mengunggah video, kita perlu memahami lebih lanjut tipe-tipe iklan di YouTube. YouTube membagi tipe iklan menjadi dua, Video dan Display. Masing-masing tipe memiliki format yang berbeda-beda. Pahami setiap format dan tipe iklan YouTube Ads di bawah ini.

Mari mengingat dalam laporan keuangan makanannya lewat penjelasan di bawah ini.

Skippable Ads

Video tanpa batasan durasi yang dapat di-skip setelah 5 detik. Diputar di Desktop, Mobile, dan TV.

Non-Skippable Ads

Video berdurasi maksimal 30 detik dan tidak dapat di-skip. Diputar di Desktop dan Mobile.

Bumper Ads

Video yang tidak bisa di-klik dan berdurasi maksimal 6 detik. Diputar di Desktop dan Mobile.

Display Ads

Iklan yang muncul di sebelah kanan video player, persis di atas daftar rekomendasi video. Dipasang di Desktop.

Sponsored Cards

Iklan yang relevan dengan video dan dipasang di dalam video player. Dipasang di Desktop dan Mobile.

Overlay Ads

Iklan semi transparan yang muncul beberapa detik saat video berjalan. Dipasang di Desktop.

Rangkuman

  • Tipe iklan berbentuk video di YouTube meliputi video yang tidak dapat di-skip, video yang dapat di-skip, dan video pendek yang tidak dapat di-klik.
  • Tipe iklan berbentuk display di YouTube meliputi tampilan sekitar video player, kartu di dalam video player, dan banner semi-transparan di dalam video player bagian bawah.

Kuis

Apa tipe iklan yang berdurasi kurang dari 6 detik?

Selamat, Anda telah menyelesaikan pelajaran ini
Klik untuk menyelesaikan