Persiapan Teknis

Melalui kelas ini, kamu diajak untuk:

  • Mengenal fitur dasar desain di Figma.

Printilan Teknis

Webinar memerlukan sokongan teknis secara optimal, entah itu untuk kampanye atau peranti lunak yang membantu proses pelaksanaan. Singkat cerita, kita harus menyiapkan cara agar calon konsumen terinformasi, mendaftar dengan mudah, dan mengikuti webinar tanpa kendala.

Siapkan Marketing Funnel

Webinar bukan sulap yang tiba-tiba bisa mendatangkan banyak user. Menjalankan webinar harus menggunakan logika manajemen produk. Webinar tidak akan kedatangan user jika kita tak berusaha menjangkaunya lalu menariknya. Maka, perlu dipersiapkan peranti untuk menjangkau user agar mau meluangkan waktu untuk hadir.

Maka, persiapkan hal-hal berikut:

  • Bagaimana menjangkau konsumen baru?
  • Desain visual seperti apa yang tepat?

Marketing Funnel

Ada dua tools yang harus dipersiapkan, yakni media sosial dan landing page. Media sosial marketing sebenarnya serupa seperti teknik digital marketing lainnya. Kemudian landing page sebagai rujukan user dalam melakukan pendaftaran.

Berikut penjelasan dua marketing funnel tools.

Media Sosial

Medsos berguna untuk sarana publikasi. Gunakan poster yang jelas dengan menonjolkan pembicara dan tema seperti contoh di atas.

Landing Page

Landing page bertujuan untuk menaungi pendaftaran user. Pasang tombol di landing page, dan tautkan dengan laman pendaftaran.

Peranti yang Harus Tersedia

Saat ini banyak software yang bisa mengoptimalkan aktivitas webinar mulai dari live-conference, atau penunjang seperti form atau ads.

  • Pendaftaran: Platform untuk user mendaftar, kemudian mengumpulkan alamat email.
  • Live-streaming: Tempat menyiarkan video secara live dan mudah diakses, termasuk fitur merekam.
  • Survei: Merekam masukan dari peserta.

Tools Pilihan

Ada banyak platform pendaftaran, live-streaming, dan survei, yang dipakai dalam webinar. Namun, tidak semua platform sejenis optimal. Berikut daftar best practice dalam webinar.

Berikut beberapa frame yang lazim digunakan dalam webinar.

Zoom dan Google Meet

Gunakan Zoom Meeting. Pilih paket dengan 1 admin saja, lalu add-on user tambahan sesuai kebutuhan.

Typeform atau Google Form

Google Form dan Typeform punya paket gratis. Bedanya, Typeform menawarkan fleksibilitas desain meski terbatas.

Repository

Taruh video rekaman webinar dalam satu laman terintegrasi, sehingga user punya rujukan.

Poin Penting

  • Webinar adalah cara baru untuk melakukan promosi yang lebih intens dan membuka kemungkinan transaksi.
  • Tentukan terlebih dulu tujuan webinar, apakah itu lead generation/mencari kontak konsumen atau edukasi produk.

Kuis

Ketika ingin membangun kredibilitas brand, format apa yang bisa dipakai?

Selamat, Anda telah menyelesaikan pelajaran ini
Klik untuk menyelesaikan