Merancang Konten Webinar
Melalui kelas ini, kamu diajak untuk:
- Membuat rancangan konten.
Alur Konten
Rundown amat penting untuk sebuah acara, apalagi sebuah kegiatan webinar untuk pemasaran. Perlu dipikirkan bagaimana elemen visual, presentasi, hingga gestur, dapat menciptakan suasana tertentu.
Berbeda dengan pameran yang bisa berjam-jam, webinar hanya berlangsung singkat dan user bisa mudah meninggalkan. Materi ini akan mempelajari bagaimana membangun konten webinar yang mengalun lembut untuk menghasilkan penjualan.
- Terms of Reference: Rancangan naskah yang menjadi bahan diskusi.
- Visual: Pendukung promosi dan pelaksanaan webinar.
- Schedule: Penjadwalan materi dari menit ke menit.
Persiapan Visual
Selama webinar berlangsung, jangan biarkan user terlepas dari paparan identitas brand seperti logo dan warna. Tempatkan brand guideline di beberapa elemen visual mulai dari promosi hingga berlangsungnya acara. Apa saja yang harus disiapkan? Lihat penjelesannya di bawah ini:
Berikut penjelasan peranti visual apa saja yang harus siap:Konten dan Durasi Waktu
Dengan durasi 1-2 jam, aktivitas pemasaran lewat webinar perlu membuat rundown yang tepat. Teori di atas membagi setiap bagian dalam menyusun topik pembicaraa. Untuk lebih detail, lihat penjelasan di bawah.
Welcome
Etalase yang akan menyambut user. Pastikan tampilan poster, sambutan, dan musik menghadirkan suasan hangat.
Hook
Durasi 5 menit. Penuhi ekspektasi audiens dengan menampilkan manfaat webinar dari awal. Ingat, user hanya punya waktu 1 menit untuk menentukan apakah mereka akan melanjutkan sesi atau tidak.
Intro
Durasi 7-10 menit. Jangan hanya sekadar menyapa, tapi tonjolkan pesona agar user melihat pembicara dan brand sebagai referensi yang legit. Sehingga ketika masuk ke penjelasan, sentimen sudah terbangun.
Core Content
Sesi ini akan menghabiskan separuh waktu dari seluruh durasi webinar. Dalam sesi ini, waktunya membicarakan semua materi seperti. Pastikan presentasi berjalan lancar dengan grafis yang jelas dan menarik.
Pitch
Sesi penawaran menjelang penutup. Meski bertujuan untuk memasarkan produk dan user yang masuk telah memiliki niatan untuk membeli, jangan langsung sekonyong-konyong mengajukan penawaran. Jembatani dahulu dengan topik pembicaraan lain. Atau, bumbui dengan gimmick bonus.
QnA
Transaksi bisa terjadi di sesi tanya jawab jika user merasa belum mendapat penjelasan yang terang. Maka, meladeni pertanyaan demi pertanyaan tetap menjadi elemen penting.
Poin Penting
- TOR berisi topik bahasan untuk narasumber dan penentuan konten.
- Visualisasi brand harus muncul dari publikasi hingga berlangsungnya acara.
Kuis
Apa fungsi Terms of Reference?