Manfaat Pemasaran Lewat Webinar

Melalui kelas ini, kamu diajak untuk:

  • Mengetahui manfaat webinar untuk marketing.
  • Menentukan konten yang tepat untuk webinar.

Tren yang Meledak

Webinar lahir dari situasi yang memaksa. Sebelumnya, brand activation kebanyakan digelar offline. Acara-acara meriah yang dapat mengundang konsumen dalam jumlah besar harus batal akibat terpaan pandemi COVID-19. Ketika segala aktivitas offline mustahil terlaksana.

Pegiat marketing kemudian mencari celah. Webinar yang sebelumnya kasta kelas dua, kini seperti menjadi aktivitas wajib dalam pemasaran. Teleconference dan video call kemudian bersalin rupa menjadi ruang interaksi antara produsen dan konsumen, bahkan tempat berlangsungnya transaksi.

Efisien dan Interaktif

Seiring berjalannya waktu, brand semakin mampu beradaptasi dengan menyelenggarakan webinar. Strategi webinar dan penyajian konten kian beragam. Webinar adalah ruang baru yang meningkatkan promosi dan melahirkan transaksi.

Ketuk untuk melihat keunggulannya:

Efisien

Tidak ada sewa tempat dan biaya perlengkapan mahal. Webinar hanya memerlukan langganan platform streaming, mengundang pembicara, dan kampanye online.

Meningkatkan Digital Brand Awareness

User kian terbiasa dengan format video dan webinar. Pada tahun 2022, 82 persen user akan mencari konten video dalam berbagai format.

User Engagement

Setiap user yang mau meluangkan waktu hadir di webinar, mereka membawa bekal purchase intent atau sudah dengan niatan untuk membeli produk.

Konten yang Fleksibel

Konten live webinar tidak hanya terpakai sekali, namun dapat direkam lalu didistribusikan lewat platform video seperti YouTube.

Mulai Merencanakan Webinar

Untuk mewujudkan webinar sebagai ujung tombak penjualan, kita harus memiliki perencanaan yang matang terkait format konten dan mempersiapkan peranti pendukung.

Untuk itu, bedakan tujuan seperti berikut:

  • Lead Generation: Menampung user yang bertanya-tanya tentang produk lewat kampanye informatif via webinar.
  • Customer Retention: Penggunaan produk, edukasi, optimasi kampanye produk.

Jenis Webinar

Setelah menentukan kebutuhan user, kita baru bisa merancang konten yang tepat. Topik bahasan dan narasumber menentukan perjalanan user dengan brand kita.

Ada beberapa format webinar yang mengambil inspirasi dari acara televisi. Lihat penjelasannya di bagan bawah ini:

Ketuk penjelasan di bawah:
Keynote

Memasang satu Guest speaker. Kegiatan semacam ini akan menarik orang-orang yang mengagumi salah satu tokoh atau membutuhkan wawasan yang legit dari seorang pakar.

Tutorial

Berbentuk kursus online terkait pengetahuan soal produk. Menekankan aspek pengetahuan, terutama yang terkait dengan penggunaan produk.

Talkshow

Menyajikan tontonan seperti acara televisi. Format bincang dapat dibuat interaktif dengan membuka sesi-tanya jawab dengan penonton.

Diskusi Panel

Melibatkan lebih dari satu pakar, atau bahkan mungkin beragam tema. Format ini dapat dipakai untuk membangun kredibilitas brand dalam sebuah topik bahasan.

Open Forum

Tidak punya narasumber? Tenang saja. Webinar tetap bisa terselenggara dengan menggelar forum diskusi antar-peserta.

Poin Penting

  • Webinar adalah cara baru untuk melakukan promosi yang lebih intens dan membuka kemungkinan transaksi.
  • Tentukan terlebih dulu tujuan webinar, apakah itu lead generation/mencari kontak konsumen atau edukasi produk.

Kuis

Ketika ingin membangun kredibilitas brand, format apa yang bisa dipakai?

Selamat, Anda telah menyelesaikan pelajaran ini
Klik untuk menyelesaikan