Menyiapkan Profil Bisnis
Melalui kelas ini, kamu diajak untuk:
- Mengenal karakteristik platform Twitter.
- Mengidentifikasi tips-tips menyiapkan profil bisnis di Twitter.
Kreativitas dalam Konten
Tren selalu berlalu-lalang dengan cepat. Untungnya, Twitter hadir untuk merekam setiap jejaknya. Melalui Twitter, kita dapat mengetahui hal-hal yang tengah menjadi tren, baik istilah-istilah maupun percakapan populer, secara real-time. Bagi pemilik bisnis, Twitter dapat membantu kita meningkatkan engagement dengan audiens dengan terlibat dalam tren-tren yang sedang terjadi.
Selain itu, Twitter juga ideal digunakan untuk mengembangkan relasi dengan khalayak. Dengan fitur seperti Retweet, satu cuitan mampu menjangkau jejaring lebih luas tanpa batasan teritori pengikut profil. Bayangkan akun kita memiliki 100 pengikut. Saat mencuit, kita mampu menjangkau 100 orang. Namun satu klik Retweet dari 10 pengikut mampu menjangkau tak hanya 100 pengikut kita, namun pengikut 10 akun tersebut.
Menyiapkan Profil
Di materi ini, kita diajak untuk mempelajari tips-tips mudah untuk mulai berbisnis di Twitter. Langkah paling awal yang perlu kita tempuh adalah menyiapkan profil yang menarik. Dalam menyiapkan profil, ada hal-hal yang perlu kita perhatikan, yakni foto profil, foto header, dan bio.
Foto Profil
Foto profil adalah identitas penting bagi sebuah akun. Foto profil akan disandingkan dengan setiap cuitan atau Tweet dari akun kita. Lihat tips-tips memasang foto profil di bawah ini:
- Menggunakan logo brand.
- Jika ingin lebih terlihat personal, kita bisa menggunakan foto headshot yang menarik.
- Gunakan foto profil yang konsisten di semua platform media sosial.
Foto Header
Foto header dapat dimaknai layaknya papan iklan dalam profil kita. Simak tips-tips memasang foto header ini:
- Gunakan foto dengan tone warna yang sama dengan foto profil.
- Kita bisa memasang produk terbaik atau promo yang tengah dijalankan.
- Kita dapat mengganti foto header sewaktu-waktu sesuai event penting yang sedang terjadi.
- Kita juga dapat memasang foto karyawan atau konsumen dari brand.
Praktik
Kreativitas itu seperti menyetir. Sering nyetir bikin jago, lama nggak nyetir bisa menabrak.
Bio
Menulis bio adalah cara kita mendeskripsikan apa yang bisa diekspektasikan orang lain terhadap akun kita. Lihat tips-tipsnya di bawah ini:
- Tulis copy yang sederhana, singkat, dan menjelaskan apa yang bisnis kita lakukan.
- Sertakan tautan website bisnis kita.
- Isi lokasi bisnis kita di kolom lokasi.
Lihat contoh profil bisnis di bawah ini.
Pinned Tweet Penting
Langkah selanjutnya adalah menyematkan Tweet di profil kita. Menyematkan sebuah Tweet atau pin a tweet adalah fitur Twitter yang memungkinkan kita memasang Tweet tertentu di bagian atas kumpulan Tweets kita. Kita bisa mengganti Tweet yang disematkan kapan saja. Jenis Tweets apa saja yang bisa kita sematkan?
Lihat contoh di bawah ini:
- Produk populer atau produk terbaru.
- Promo dan diskon tertentu.
- Event bisnis yang akan atau tengah berjalan.
Lihat contoh di bawah ini.
Mengelola Akun-akun yang Diikuti
Profil kita sudah siap. Kita juga sudah menyematkan Tweet penting di atas kumpulan Tweets kita. Langkah selanjutnya yang tak kalah penting adalah mengikuti akun-akun yang ada Twitter. Pertanyaan yang kemudian muncul adalah, siapa yang perlu kita ikuti? Kita bisa memulai dengan akun-akun seperti:
- Bisnis-bisnis dengan bidang serupa.
- Tokoh-tokoh publik yang memiliki ketertarikan dengan bidang bisnis kita.
- Kita juga bisa mengikuti akun pribadi kita!
- Tidak ada salahnya pula mengikuti beberapa customer atau audiens setia kita.
Poin Penting
- Profil akun berfungsi sebagai identitas brand untuk diperkenalkan pada audiens yang lebih luas.
- Dalam menyiapkan profil, kita perlu mengatur foto profil, header, dan bio yang memiliki hubungan satu sama lain.
- Kita juga dapat memperkenalkan event atau produk tertentu dengan menyematkan Tweet di profil kita.
Kuis
Apa yang tidak perlu kita pasang dalam bio akun kita?