Beriklan di Twitter

Melalui kelas ini, kamu diajak untuk:

  • Memahami jenis-jenis iklan di Twitter
  • Mengidentifikasi langkah-langkah beriklan di Twitter

Pengantar

Jika ingin bisnis kita semakin berkembang, selain fitur-fitur Twitter, kita juga dapat meminta bantuan algoritma berbayar milik Twitter. Twitter menyediakan layanan beriklan yang disesuaikan dengan tujuan kita beriklan, misal meningkatkan jumlah pengikut atau menambah klik di situs website.

Menentukan Tujuan Iklan

Hal yang pertama perlu kita tentukan adalah tujuan kita beriklan. Apakah kita ingin meningkatkan engagement dari Tweet tertentu? Apakah kita membutuhkan lebih banyak penonton dari video yang kita posting? Twitter memiliki ragam jenis iklan untuk menjawab kebutuhan tersebut.


Video views

Menambah jumlah tontonan dari konten video kita.

Pre-roll views

Memasangkan iklan kita dengan konten premium.

App installs

Meningkatkan jumlah instalasi aplikasi kita.

Website clicks

Meningkatkan jumlah klik di website kita.

Engagement

Meningkatkan interaksi pada Tweet tertentu.

Followers

Meningkatkan jumlah pengikut akun.

App re-engagements

Meningkatkan tindakan user di aplikasi kita.


Perlu diketahui bahwa biaya akan dikenakan berdasarkan jumlah peningkatannya. Misal kita beriklan untuk meningkatkan klik di situs web, maka biaya akan dikenakan berdasarkan jumlah klik yang hadir berkat iklan di Twitter. Kita juga dapat membatasi anggaran iklan dengan target peningkatan dampak tertentu.

Mulai Beriklan

Setelah mengetahui tujuan kita beriklan, saatnya kita mulai beriklan.

Geser ke kanan untuk melihat penjelasannya.

Login akun Twitter, lalu buka ads.twitter.com. Setelah itu, pilih lokasi kita agar Twitter dapat menentukan mata uang sesuai lokasi.

Pilih jenis iklan berdasarkan tujuan kita beriklan. Lihat ragam opsinya di gambar ini.

Tulis nama kampanye iklan, anggaran yang siap dikeluarkan, dan durasi berjalannya iklan.

Twitter akan mengalihkan kita ke halaman Ad Groups untuk mengatur demografi target user.

Tentukan konten (Tweet) yang ingin dipromosikan. Kita bisa memilih lebih dari satu Tweet.

Meluncurkan Iklan

Jika sudah selesai mengatur iklan, langkah terakhir adalah meluncurkan iklan tersebut. Namun sebelum itu, kita perlu mengulas kembali materi iklan dan penargetan audiens tersebut. Ikuti langkah-langkah ini:

  • Pada taskbar sebelah kiri, klik Review and launch campaign.
  • Perhatikan kembali pengaturan kita, mulai dari anggaran, durasi iklan, dan detail penargetan audiens.
  • Jika kita telah puas dengan rencana pengiklanan, klik Launch campaign.

Poin Penting

  • Twitter menyediakan layanan iklan sesuai dengan tujuan iklan itu ditujukan, misal untuk meningkatkan jumlah klik di situs web, instalasi aplikasi, dan pengikut akun.
  • Biaya akan dikenakan berdasarkan dampak yang dihasilkan oleh iklan di Twitter terhadap peningkatan jumlah. Kita dapat membatasi anggaran sesuai dengan target peningkatan dampak sesuai dengan kebutuhan.

Kuis

Apa jenis iklan yang ditujukan untuk meningkatkan tindakan tertentu pada aplikasi kita?

Selamat, Anda telah menyelesaikan pelajaran ini
Klik untuk menyelesaikan