Algoritma TikTok untuk Pemasaran

Melalui kelas ini, kamu diajak untuk:

  • Memahami algortima TikTok secara detail.
  • Kiat membuat konten merangsek di laman home user.

Content is The King

TikTok adalah rimba bagi adu kreativitas. Setiap konten akan diukur relevansi dan isi yang terkandung di dalamnya.

Ada beberapa komponen algoritma dalam TikTok yang harus diperhatikan selain membuat konten.

Feed

Bagian home atau feed di TikTok adalah laman For You. "For You" langsung menampilkan video konten secara full screen. Untuk menggantinya, ketuk layar dari bawah ke atas, maka TikTok akan memunculkan video berbeda.

Tampilan For You memiliki fitur seperti berikut:

  • Tombol Plus: Membuat konten baru.
  • Discover: Mencari konten dengan hashtag tertentu.
  • Ikon akun: Untuk merujuk ke laman akun.

Algoritma

Machine Learning TikTok akan mengkurasi riwayat penelusuran konten dan akun yang berkaitan, lalu mengumpulkan konten sejenis dalam For You masing-masing akun.


Ketuk guna mengetahui pengaturan "For You":
Interaksi Antar-pengguna

Keterkaitan dari video yang dilihat,

Informasi Video

Lokasi berdasarkan Virtual World Environment.

Tag: Jakarta, Indonesia, dsb.

Pengaturan di Gadget

Data dasar pengaturan gadget seperti lokasi dan bahasa.

Faktor Trending

Ada 3 variabel penting yang menjadi trending TikTok. Pertama, konten dengan ukuran jumlah view. Kedua, hashtag dengan patokan jumlah yang pemakaian. Ketiga,

  • Konten, dengan jumlah ukuran views.
  • Hashtag, dengan patokan jumlah tautan konten.
  • Sound, dengan mengukur penggunaan lagu untuk konten.

Setiap variabel dapat dipantau lewat tombol yang akan membawa ke laman berbeda.


Hashtag

TikTok menempatkankan hashtag sebagai variabel utama sebuah konten. Dalam fitur pencarian, setiap user akan diarahkan ke pencarian hashtag yang disukai.

Jenis hashtag:

  • Barang.
  • Fenomena atau topik.
  • Nama konten.

Maka, pemilihan hashtag bisa menjadi faktor kunci akan nasib konten di TikTok. Berikut kiatnya:

  • Cukup gunakan 2-3 hashtag.
  • Campur hashtag antara yang populer dengan kata kunci spesifik.
  • Rajin pantau hashtag trending.

Caption

Caption bertujuan untuk menjadi rangkuman singkat sebuah konten berisi teks dengan jatah 150 karakter. Rangkuman ini ikut berpengaruh pada kata kunci pencarian user sekaligus pertaruhan apakah user akan menyelesaikan konsumsi konten.

  • Jangan terlalu panjang.
  • Kaitkan dengan hashtag.
  • Gunakan kalimat yang memicu penasaran.

Selayang Pandang

  • Algoritma TikTok mengutamakan hashtag dan konten.
  • Tempatkan hashtag dan caption secukupnya.

Kuis

Manakah yang bukan faktor keviralan konten TikTok?

Selamat, Anda telah menyelesaikan pelajaran ini
Klik untuk menyelesaikan