Menyusun Konten untuk Stories

Melalui kelas ini, kamu diajak untuk:

  • Menyusun konten untuk Stories.
  • Mengetahui manfaat Stories untuk pemasaran.
  • Membuat konten Stories yang efektif untuk pemasaran.

Berinteraksi dengan User

Apapun produk dan jasanya, membangun komunikasi efektif dengan khalayak adalah kewajiban. Cara paling efektif adalah dengan menyesuaikan ketertarikan user, dan berkomunikasi dengan cara yang ada.

Stories adalah salah satu cara komunikasi populer saat ini. Lebih dari 1 Miliar Stories diunggah pengguna media sosial di seluruh dunia setiap harinya.

Daya Tarik

Generasi saat ini adalah para pengguna gadget mobile yang begitu mencintai visual. Mereka langsung mesra begitu 'Stories' tiba, dan terus menghidupinya.

Stories merevolusi format konten yang selama ini didominasi teks dengan interface scrolling. Interface semacam itu menimbulkan cognitive load.

Ketuk untuk melihat penjelasan kenapa Stories begitu digemari:
Full-Screen

Akses informasi saat ini bertumpu pada gawai. Maka, format full-screen berbentuk portrait sesuai dengan tren yang ada

Memanjakan Mata

Berbagai peranti penunjang visual dan efek membuat Stories lebih tidak membosankan dibanding teks.

Interaktif

Stories memungkinkan para user terlibat dalam konten, bukan hanya menikmati secara satu arah.

Real Time

User terkesan tak mau melewatkan setiap Stories yang muncul. Berikan informasi terkini lewat Stories dapat menunjang awareness.

Kedekatan

Menikmati konten Stories menyajikan perasaan interaksi langsung.

Berinteraksi dengan User

Meski asyik dengan Stories mereka sendiri bukan berarti abai dengan Stories lainnya. Pengguna media sosial tetap haus akan informasi, serta mencari produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhannya.

Ada ruang potensial untuk membuat brand berselancar dengan indah di atas gelombang Stories di media sosial. Maka, perlu pemilihan konten dan format yang tepat. Berikut jenis konten Stories komersial:

  • Mengkomunikasikan brand
  • Berinteraksi dengan user dengan fitur interaktif di Stories
  • Menampilkan produk
  • Pengumuman program dan kegiatan
  • Menjangkau audiens baru

Perencanaan Konten

Sebelum mengunggah, perlu proses perencanaan agar setiap Stories menghasilkan performa yang optimal. Optimal tidaknya suatu konten merupakan kombinasi antara kreativitas dan momentum yang tepat.

Geser ke kanan untuk fungsi platform di berbagai media sosial:

Identitas Akun

Stories dan format lain saling melengkapi. Maka, mutlak diperlukan gaya komunikasi.

Tujuan

Apakah Stories memiliki tujuan untuk awareness atau menampilkan produk, harus ditentukan sejak awal dengan konten.

Template

Sediakan template konten untuk template untuk berbagai form seperti copy, ilustrasi, dan video:

Jadwal

Buat rencana jadwal sebulan. Adaptif terhadap fenomena terkini.

Selayang Pandang

  • Stories digemari karena berorientasi visual.
  • Konten stories menjadi interaktif karena tampil di satu layar smartphone secara penuh.
  • Kreator harus menyusun jadwal dan mengelola gaya sendiri.

Kuis

Bagaimana mengatur konsistensi dalam stories?

Selamat, Anda telah menyelesaikan pelajaran ini
Klik untuk menyelesaikan