Konten Stories untuk Pemasaran

Melalui kelas ini, kamu diajak untuk:

  • Membuat konten pemasaran dengan format Stories.
  • Beriklan dengan format Stories

Beriklan di Stories

Platform media sosial menyediakan layanan iklan dengan format Stories. Iklan ini tidak hilang 24 jam, dapat dijadwalkan, dan menarget persona sesuai kebutuhan brand. Yang paling penting, iklan stories dapat menjadi pintu masuk user menuju proses transaksi.

Menyusun Strategi

Konten stories terus berkembang, termasuk tren desain hingga pendekatan yang dilakukan oleh para user. Dalam merancang konten, perlu ada tiga pertimbangan yang harus dihayati dalam proses kreatifnya.

Pendekatan

Strategi seperti apa yang harus dirancang untuk memenuhi target (awareness/penjualan)?

Brand Element

Ketika user cenderung antipati pada iklan, bagaimana menempatkan brand element yang tepat agar tidak norak?

Desain

Format seperti apa yang efektif?

Pendekatan

Strategi apakah yang harus dilakukan dalam proses awal perancangan iklan stories?

Geser ke kanan untuk melihat langkah-langkah menentukan pendekatan:

Setiap rencana kreatif pemasaran, selalu buat juga desain dan teks untuk stories.

Jangan bertele-tele. Langsung tonjolkan pesan utama, dilengkapi visual yang sesuai dan memanjakan mata.

Biasakan meringkas durasi dan informasi, tanpa menanggalkan aspek estetis dan konteks.

Brand Element

Setiap brand element (logo, produk, dan pesan) tetap harus tampak jelas dalam konten.

Geser ke kanan untuk melihat penempatan brand dalam konten:

Tunjukkan Sejak Awal

Setiap brand elemen harus muncul, namun tetap estetis. Gunakan sinematografi dramatis bila perlu.

Konsisten dengan Tujuan

Bedakan antara konten untuk awareness atau peningkatan penjualan.

Batasi Penampilan Harga

Kemunculan harga terkadang membuat risih. Batasi sebisa mungkin. Harga baru muncul ketika disertai keuntungan tambahan atau diskon.

Format Konten

Cara user mengonsumsi stories punya karakter berbeda dibanding media lainnya. Penikmat stories memilih visual yang kaya, namun tidak menanggalkan informasi.

Geser ke kanan untuk fungsi platform di berbagai media sosial:

Tempatkan Teks dengan Benar

Beri penonjolan pada teks penting. Jangan biarkan teks informasi tertutup oleh elemen lain.

Suara

Gunakan voice over atau musik yang tepat, tapi jangan sampai terlalu berisik.

Simple

Batasi penggunaan ornamen tambahan seperti stiker atau ikon. Ketika digunakan dengan baik, ornamen tambahan akan membantu konversi.

Jadwal

Buat rencana jadwal sebulan. Adaptif terhadap fenomena terkini.

Tombol Click to Action

Desain tulisan Swipe Up untuk menarik minat user agar mengklik tombol. Gunakan simbol atau warna sesuai identitas brand.

Menggunakan Template

Platform media sosial menyediakan layanan iklan dengan format Stories. Iklan ini tidak hilang 24 jam, dapat dijadwalkan, dan menarget persona sesuai kebutuhan brand. Yang paling penting, iklan stories dapat menjadi pintu masuk user menuju proses transaksi.

Template di Ads Manager

Ads Manager di Facebook menyediakan template siap pakai, sehingga tak perlu repot dalam pembuatan desain yang menyita waktu.

Canva

Untuk template yang lebih beragam, Canva bisa menjadi pilihan. Ratusan template khusus stories, desain intuitif termasuk pembuatan video, tersedia gratis.

Selayang Pandang

  • Dengan populernya stories, konten pemasaran dapat lebih mencuri perhatian.
  • Desain tanpa kesulitan dengan template.

Kuis

Bagaimana cara membuat konten stories dapat berkontribusi langsung terhadap transaksi penjualan?

Selamat, Anda telah menyelesaikan pelajaran ini
Klik untuk menyelesaikan