Perencanaan Konten
Melalui kelas ini, kamu diajak untuk:
- Membedakan jenis-jenis konten untuk live-streaming.
- Membuat alur naskah untuk persiapan live-streaming.
Konten Khusus Live-Streaming
Fitur live-stream memberi kebebasan mengisi konten. Gunakan kebebasan untuk menyampaikan pesan secara optimal dan berinteraksi dengan user yang menonton.
Namun perlu diperhatikan kebijakan komunitas di masing-masing platform. Misalnya larangan konten berbau seksual, ujaran kebencian, akan difilter secara otomatis.
Marketing Funnel
Perbedaan Konten bergantung pada tahapan pemasaran atau yang dikenal dengan istilah marketing funnel. Pemilihan tema bergantung pada tahapan pemasaran manakah yang harus diperkuat lewat program siaran via live-streaming.
Visual: Aswin Kumala
Pembeda dari setiap konten terletak pada visual kit untuk promosi dan naskah. Keduanya harus konsisten karena berhubungan dengan ekspektasi user yang meluangkan waktu untuk menonton live-stream.
Contoh Naskah
Naskah terdiri penetapan durasi, poin pembicaraan, serta visual penunjang. Ketiganya saling terkait untuk menentukan paket informasi apa saja yang akan disampaikan via live-stream.
Tak usah bingung, berikut contoh pembuatan naskah berdasarkan cakupan topik.
Kecantikan dan Fashion
5-10 Menit
Pengumuman: Memberi pengumuman khusus terkait program selanjutnya, diskon, pengetahuan singkat soal produk, dan menggali saran dari audiens.
Teknik Khusus: Demonstrasi teknik penggunaan produk secara singkat.
10-30 Menit
QnA: Memberi pengumuman khusus untuk program selanjutnya, diskon, pengetahuan singkat soal produk, dan menggali saran dari audiens.
Unboxing: Demonstrasi teknik penggunaan produk secara singkat.
Review: Ulasan produk-produk dan penggunaannya.
30-120 Menit
Tutorial Lengkap: Mendemonstrasikan secara detail penggunaan produk dari awal hingga akhir.
Launching Produk: Hajatan peluncuran produk baru dengan menampilkan demonstrasi penggunaan produk, talkshow dengan mengundang bintang tamu, sampai hiburan.
Makeover: Menunjukkan penggunaan secara mendetail dari pakarnya.
Cerita di Balik Layar: Demonstrasi teknik penggunaan produk secara singkat.
Kesehatan
5-10 Menit
Pengumuman: Memberi pengumuman khusus untuk imbauan kesehatan, pengetahuan singkat soal produk, dan menggali saran dari audiens.
Komentar : Demonstrasi teknik penggunaan produk secara singkat.
10-30 Menit
QnA: Sesi tanya jawab dengan pakar kesehatan, serta membuka kanal komunikasi dengan audiens.
Demo: Demonstrasi teknik penggunaan produk secara singkat.
Review: Ulasan produk.
30-120 Menit
Tutorial Lengkap: Memberi pengumuman khusus untuk program selanjutnya, diskon, pengetahuan singkat soal produk, dan menggali saran dari audiens.
Launching Produk: Demonstrasi teknik penggunaan produk secara singkat.
Cerita di Balik Layar: Demonstrasi teknik penggunaan produk secara singkat.
Teknologi
5-10 Menit
Pengumuman: Memberi pengumuman khusus untuk program selanjutnya, diskon, pengetahuan singkat soal produk, dan menggali saran dari audiens.
Teknik Khusus: Demonstrasi teknik penggunaan produk secara singkat.
10-30 Menit
QnA: Sesi tanya jawab interaktif dengan format talkshow dengan pakar.
Unboxing: Menampilkan produk baru serta penggunaan awal.
Review: Ulasan produk.
30-120 Menit
Tutorial Lengkap: Menjelaskan secara detail penggunaan produk mulai dari segi fitur, integrasi dengan platform lain, sampai cara memitigasi problem fitur.
Launching Produk: Demonstrasi fitur dan penggunaan produk terbaru secara singkat.
Cerita di Balik Layar: Menguak kisah di balik desain hingga produksi sebuah produk.
Pendidikan
5-10 Menit
Pengumuman: Memberi pengumuman khusus untuk program selanjutnya, program pendidikan, sekaligus menggali saran dari audiens.
Komentar: Mengomentari secara singkat dan padat soal isu terkini.
10-30 Menit
QnA: Sesi tanya jawab dengan pembicara tamu atau
Review: Demonstrasi teknik penggunaan produk secara singkat.
30-120 Menit
Seminar: Perbincangan yang menampilkan berbagai pembicara dengan topik berbeda.
Lokakarya: Demonstrasi teknik penggunaan produk secara singkat.
Program Kehumasan: Menampilkan video panjang soal profil dan rekam jejak lembaga.
Pro Tips
- Ada dua cara mengurangi stres, mengeliminasi masalah/situasi yang dipersepsikan membebani, atau mengendalikan emosi dalam merespon situasi stres.
- Ada 3 jenis durasi live-stream: 5-10 menit, 10-30 menit, dan 30-120 menit.
- Durasi menentukan format konten dan substansi.
Kuis
Ketika ingin membuat live-stream berisi demo satu barang saja, berapa durasi yang harus ditetapkan?