Fitur Live-Streaming di Media Sosial

Melalui kelas ini, kamu diajak untuk:

  • Mengetahui manfaat live-streaming.
  • Mengidentifikasi platform apa saja yang menunjang live-streaming.

Mengenal Live-Streaming

Kini, siaran tidak hanya dimonopoli stasiun televisi. Platform media sosial menyediakan fitur live-streaming yang memungkinkan setiap user dapat siaran secara real-time. Cukup dengan gawai dan tanpa biaya frekuensi.

Dengan kemudahan fitur live-streaming, pengguna media sosial punya berbagai opsi untuk memanfaatkan siaran langsung mulai dari diskusi hingga penjualan barang atau jasa secara interaktif.

Daya Tarik

Live-stream memungkinkan siapapun melakukan siaran live layaknya stasiun televisi. Kita bisa melakukan penampilan apapun, baik untuk kebutuhan branding personal/organisasi hingga pemasaran.

Untuk pemasaran, live-stream memungkinkan medium interaktif dengan jangkauan lebih luas. Walau teknisnya membutuhkan kerja ekstra, berikut kelebihan-kelebihan live-stream:


Ketuk untuk melihat penjelasan kenapa Stories begitu digemari:
Berkreasi dengan Bebas

Perkaya live streaming dengan berbagai efek stiker dan emoji agar siaran jadi tak membosankan.

Interaksi Real Time

Setiap user yang tengah mengikuti siaran akun tertentu dapat berinteraksi berupa pesan dan reaksi emoticon.

Jangkauan Luas

Setiap siaran dapat disimpan di bagian feed sehingga jangkauan tidak terbatas pada penonton siaran langsung, tapi user lain yang menikmatinya secara on-demand.

Live-stream Milik Platform Media Sosial

Kini, platform media sosial hingga marketplace jamak menyematkan fitur live-stream. Fitur ini disediakan secara gratis dan memberi potensi untuk jangkauan audiens lebih luas. Namun setiap platform memiliki pemanfaatan yang berbeda ketika kita menempatkan livestream.

Geser ke kanan untuk fungsi live-stream di berbagai media sosial:

Facebook

Fitur live-stream di Facebook kerap dimanfaatkan oleh akun perseorangan, organisasi, atau bisnis.

Instagram

Sebagai platform media sosial serupa Facebook, fitur live stream di Instagram ini memiliki fleksibilitas untuk ragam kebutuhan.

Marketplace

Shopee dan Tokopedia memiliki fitur live stream khusus untuk para penjual.

Linkedin

Baru akan live, nantinya diskusi dan webinar antar-profesional dapat ternaungi.

Pro Tips

  • Gunakan live-stream untuk personal branding dan pemasaran.
  • Manfaatkan layanan live-stream gratis di masing-masing platform media sosial/marketplace.

Kuis

Untuk tujuan apakah live-stream di marketplace efektif?

Selamat, Anda telah menyelesaikan pelajaran ini
Klik untuk menyelesaikan