Jenis Konten
Melalui kelas ini, kamu diajak untuk:
- Mengidentifikasi tipe-tipe konten berdasarkan jenis fitur di Instagram.
- Mengenal ragam peranti untuk mengedit aset visual.
Platform Gambar dan Video
Kekuatan utama dari Instagram adalah berbagi gambar dan video. Dengan kata lain, konten-konten yang kita promosikan di Instagram akan sangat erat kaitannya dengan konten-konten visual. Sepanjang materi ini, kita akan mempelajari tipe konten apa saja yang dapat kita buat dengan memanfaatkan fitur-fitur Instagram.
Tipe Konten Berdasarkan Fitur
Kita mungkin telah mengenal Instagram Stories dengan durasi 15 detik dan bentuk vertikalnya, atau video di Feed dengan durasi 1 menit dan bentuk kotaknya. Kali ini, kita tak hanya akan mengulas karakteristik setiap fitur, tetapi juga tipe-tipe konten yang cocok berdasarkan fiturnya.
Feed
Feed dihadirkan untuk memberikan pengalaman bermakna dalam berbelanja atau sekadar lihat-lihat. Kita dapat melihat Feed seperti kita membayangkan sebuah toko. Di dalam toko, ada katalog produk, ada review toko, ada pula cerita-cerita mengenai produk dan toko. Kunci utama dari Feed adalah kesan pengalaman dan interaksi lebih dekat dengan audiens. Feed cocok untuk konten-konten seperti:
- Katalog produk, lengkap dengan informasi seperti tautan ke website atau kontak pada caption.
- Informasi promo dan diskon, serta ajakan giveaway.
- Video behind the scene atau tur kantor/toko.
- Serial video/gambar berisi episode-episode tematik yang membentuk cerita utuh.
IG Stories
Sebagaimana telah disinggung, Instagram Stories atau IG Stories memiliki durasi maksimal 15 detik untuk video dan berbentuk vertikal. Jenis fitur video singkat ini cocok untuk konten-konten snackable, trivial, dan ringan seperti:
- Konten mengenai gaya hidup.
- Konten-konten tutorial singkat.
- Mengintip preview produk-produk andalan.
- Menggunakan fitur polling atau Ask Me a Question untuk percakapan-percakapan ringan dan sederhana.
IG Stories akan tenggelam setelah 24 jam. Tapi jangan khawatir, kita dapat menyematkan rangkaian Stories, melalui Highlights di profil akun kita.
IGTV
Karakteristik utama dari IGTV adalah durasi video yang panjang, layaknya konten-konten yang biasa kita nikmati di YouTube. IGTV cocok untuk konten-konten seperti:
- Review produk menyeluruh bersama influencer.
- Wawancara dengan pemilik, karyawan, atau tokoh publik.
Reels
Akhir 2020 lalu, Instagram memperkenalkan Reels, atau TikTok versi Instagram. Di tahun 2021 ini, Reels menjadi fitur yang paling diupayakan Instagram untuk digunakan oleh user.
Jangan lewatkan kesempatan menjangkau lebih banyak audiens dengan menggunakan fitur ini. Kita dapat menggunakan Reels untuk konten-konten seperti:
- Konten edukasi singkat.
- Review penggunaan produk ringkas.
Peranti untuk Menyunting Aset Visual
Seperti yang telah kita pahami, Instagram identik dengan aset visual. Untuk menarik perhatian di Instagram, kita perlu menyiapkan aset-aset visual seperti gambar dan video. Ada banyak tools yang dapat kita gunakan untuk menyiapkan konten.
Ketuk untuk mengenal tools editor gambar dan video.
Ketuk penjelasan di bawah:Aplikasi Instagram
Aplikasi Instagram menyediakan mendukung ragam penunjang bagi aset visual kita agar terlihat menarik, mulai dari cropping hingga filter. Untuk IG Stories, ada banyak penunjang menarik dan interaktif, seperti sticker, tagar, gif, polling, hingga tanya jawab.
Aplikasi Pihak Ketiga
Jika kita ingin selangkah lebih depan dalam menyajikan aset visual, kita dapat menggunakan aplikasi-aplikasi eksternal seperti Adobe Premiere Rush, InShot, dan VSCO.
Poin Penting
- Fitur-fitur Instagram diklasifikasikan berdasarkan durasi waktu dan bentuk visualisasinya, sehingga dapat dijadikan penentu tipe-tipe konten yang disesuaikan.
- Kita dapat menggunakan aplikasi Instagram untuk mengedit foto dan video, atau aplikasi pihak ketiga untuk meningkatkan kualitas aset visual.
Kuis
Apa fitur Instagram yang ideal kita gunakan untuk menjelaskan langkah-langkah mengikuti giveaway?