Fitur Dasar Instagram

Melalui kelas ini, kamu diajak untuk:

  • Mengenal karakteristik dan keunggulan Instagram.
  • Menyiapkan profil bisnis di Instagram.

Platform Gambar dan Video

Didirikan pada 2010 silam, Instagram kian sukses menjadi platform media sosial dengan jutaan pengguna. Instagram yang semula sebatas platform berbagi foto berukuran kotak (1:1) kini bertransformasi menjadi penguasa platform berbagi ragam aset visual, mulai dari Instagram Stories (2015), IGTV (2018), dan baru-baru ini, Reels (2020).

Tak hanya fitur-fitur pendukung aset visual, Instagram juga berbangga diri menjadi platform yang menghubungkan bisnis dengan konsumen mereka. Instagram mendukung fitur-fitur marketing seperti iklan dan insight bisnis. Sepanjang kelas ini, kita akan menyelami kiat-kiat lebih dekat dengan audiens untuk meningkatkan performa bisnis.

Platform Gambar dan Video

Didirikan pada 2010 silam, Instagram kian sukses menjadi platform media sosial dengan jutaan pengguna. Instagram yang semula sebatas platform berbagi foto berukuran kotak (1:1) kini bertransformasi menjadi penguasa platform berbagi ragam aset visual, mulai dari Instagram Stories (2015), IGTV (2018), dan baru-baru ini, Reels (2020).

Tak hanya fitur-fitur pendukung aset visual, Instagram juga berbangga diri menjadi platform yang menghubungkan bisnis dengan konsumen mereka. Instagram mendukung fitur-fitur marketing seperti iklan dan insight bisnis. Sepanjang kelas ini, kita akan menyelami kiat-kiat lebih dekat dengan audiens untuk meningkatkan performa bisnis.

Keunggulan Instagram

Instagram sebagai platform untuk berbisnis datang dengan banyak keunggulan, mulai dari pengguna aktif harian, hingga fitur-fitur pendukung bisnis.

Ketuk untuk melihat keunggulannya:

Menjangkau Audiens

Dengan 500 juta lebih pengguna aktif harian, Instagram membuka kesempatan bagi bisnis untuk berinteraksi dengan audiens.

Meningkatkan Penjualan

Survei dari Facebook (2019) menunjukkan bahwa 83% pengguna Instagram mencari referensi produk dan brand melalui Instagram.

Iklan Tepat Sasaran

Sejak diakuisisi Facebook pada 2012 silam, Instagram mengadopsi metode iklan dengan sasaran yang disesuaikan secara spesifik.

Insight bisnis

Instagram menghadirkan data-data perihal performa dan audiens untuk akun bisnis secara real-time.

Persiapan Visual

Untuk memulai, kita perlu membuat akun bisnis. Langkah-langkahnya amat sederhana dan tak membutuhkan waktu lama.

Buka Edit Profile, lalu ketuk Switch to Professional Account.

Kita akan dialihkan pada sebuah kotak dialog, pilih Business.

Pilih kategori bisnis kita sesuai dengan ragam opsi yang diberikan.

Terakhir, kita perlu mengisi informasi kontak akun kita yang berisi Email, nomor telepon, dan alamat.

Memperkenalkan Diri

Setelah akun bisnis kita siap, saatnya memperkenalkan diri dengan menyiapkan profil akun. Ikuti tips-tips menyiapkan profil akun di bawah ini:

  • Gunakan logo bisnis atau produk andalan sebagai foto profil, atau foto headshot untuk sentuhan personal.
  • Pasang bio akun yang singkat dan menarik. Gunakan tagar yang merepresentasikan identitas brand.
  • Jangan lupa cantumkan kontak dan tautan website bisnis kita.

Poin Penting

  • Instagram adalah platform berbagi ragam jenis foto dan video dengan 500 pengguna aktif harian.
  • Instagram memiliki fitur-fitur pendukung performa bisnis seperti sajian insight bisnis dan medium periklanan.

Kuis

Apa syarat mendapatkan data-data performa akun di Instagram?

Selamat, Anda telah menyelesaikan pelajaran ini
Klik untuk menyelesaikan