Mengapa Perlu Email Marketing

Melalui kelas ini, kamu diajak untuk:

  • Urgensi email marketing.
  • Jenis-jenis konten dalam email marketing

Email Marketing

Menurut riset Google, setiap pengguna internet di muka bumi membuka email setidaknya 3 kali sehari. Email bersanding dengan nomor sebagai peranti utama komunikasi manusia modern.

Saluran komunikasi ini memang tak seintens telepon dan pesan. Email menjadi ruang tersendiri untuk percakapan khusus seperti pekerjaan dan perniagaan.

Sebagai saluran komunikasi pribadi, aktivitas konsumsi ikut ambil bagian. Tentu email tidak bisa diharapkan jadi tempat transaksi layaknya e-commerce. Tapi melalui email, informasi bisnis mendapat peluang untuk dibaca. Email memberikan ruang untuk bercakap secara intens sekaligus menghayati informasi dengan khusyuk.

Manfaat Email Marketing

Ada banyak jalan untuk memasarkan produk. Pilihannya bergantung pada seberapa besar kontribusi investasi saluran marketing tertentu terhadap penjualan.

Sosial media berperan di bagian awareness. Untuk menuju proses selanjutnya, perlu bertungkus lumus dengan berbagai cara. Ketertarikan user biasanya mulai terlihat ketika sudah mau mendaftar hingga berbagi email. Dengan kacamata itu, email marketing jadi pilihan menggiurkan:

Ketuk untuk melihat penjelasan:
Personal

Likes menjadi mata uang di Instagram. Dengan melihat jumlah likes, kita bisa mendapat data konten seperti apa yang menarik untuk user.

Trafik Sehat

Traffic organic 4 kali lebih tinggi dari sosial media yang saat ini memiliki algoritma begitu kompleks.

Murah

Return of Investment sampai 38 kali lipat.

Konten

Email sepintas tidak memberikan keluwesan dibanding saluran pemasaran lainnya seperti sosial media atau kampanye offline. Isinya hanya terdiri dari foto dan teks. Interaksi paling mentok hanya menyertakan tautan.

Meski begitu, email unggul dibanding saluran lain soal intensitas. Menjangkau akun email sama seperti menyapa kawan dekat di teras rumahnya. Akun media sosial terlalu mudah untuk dicari. Tapi, setiap orang tidak bakal sembarangan memberi alamat email

Jenis Konten

Konten di dalam email marketing harus disesuaikan tujuannya.

Geser ke kanan untuk melihat jenis konten:

Newsletter

Komunikasi satu arah karena sekadar memberikan informasi. Biasa dilakukan kantor berita.

Promosi

Informasi promo dan deskripsi produk satu arah, disertai cara pembeliannya berupa tombol.

Behavioral

Memberi konten yang mencerahkan dan memenuhi kebutuhan user. Jenis adalah penjualan soft-selling.

Selayang Pandang

  • User internet punya kebiasaan menempatkan email sebagai kontak privat atau profesional.
  • Dalam proses komersial, email berguna untuk pengenalan produk.
  • Konten email amat bergantung tujuan, apakah memberi promosi secara gamblang atau konten informatif.

Kuis

Seperti apakah konten yang bertujuan membangun kebiasaan konsumen?

Selamat, Anda telah menyelesaikan pelajaran ini
Klik untuk menyelesaikan