Menentukan Strategi dan Gol Bisnis

Melalui kelas ini, kamu diajak untuk:

  • Membentuk persepktif edukasi dalam konten marketing.
  • Mengenal platform customer education.

Mulai Meluncurkan Program

Pondasi customer education ada pada strateginya. Pijakan strategi harus mendukung target bisnis. Dengan berbagai tim dan bermacam target dalam organisasi, perancangan platform customer education perlu membangun titik temu antar-departemen.

Jenis Audiens

Customer education dapat menjadi rujukan siapapun untuk mendapat pemahaman dan pengetahuan terkait produk.

Geser ke kanan untuk mengenali jenis-jenisnya.

Konsumen

Untuk dapat menggunakan produk, konsumen wajib memiliki sudut pandang yang tepat serta deskripsi penggunaan yang rinci.

Mitra/Vendor

Bantu mitra atau vendor memahami penggunaan produk, karena klien mereka adalah konsumen sejati kita.

Frontliner

Beri materi yang mendukung pemahaman kepada kasir, sales-person, atau customer service.

Parameter Pembelajaran

Klik atau konversi yang menjadi tolok ukur jamak dalam marketing tak bisa jadi patokan. Platform customer education adalah tempat belajar, maka kita wajib membentuk ekspektasi layaknya seorang guru.

Jika melihat user sebagai murid, nantinya setiap peserta didik di dalam platform dapat benar-benar memahami setiap materi. Data tersebut

Parameter dalam Customer Journey

Konten-konten di platform customer education bukan hanya demo produk untuk para konsumen yang sudah melakukan transaksi. User cenderung senang dengan konten informatif. Maka, konten pendidikan untuk konsumen dapat begitu luas, bahkan melintasi marketing funnel.

Dengan empat pintu yang harus ditempuh user, kita bisa bermain-main dengan informasi umum terkait industri yang digeluti produk, hingga spesifikasi rinci soal produk. Ikuti aturan ini agar konten mampu menyesuaikan di mana konsumen berada:

Geser ke kanan untuk melihat penjelasannya.

Kesadaran/Awareness

User mengutarakan kebutuhan, maka ajari mereka menyelesaikan masalah.

Ketertarikan/Consideration

Membagi informasi umum dengan spesifikasi produk sebanyak 60:40

Keinginan/Intent

Berani tunjukkan keunggulan produk bersama informasi umum.

Tindakan/Purchase

Beri informasi rinci bagaimana penggunaan produk dalam kehidupan sehari-hari.

Prinsip dalam Parameter

Untuk memastikan pemahaman dapat meresap ke dalam pikiran para user, platform customer education bakal memanfaatkan fitur pengujian atau pemberian tugas. Namun, pengujian di customer education tidak akan menghakimi seperti pendidikan formal. Kita tidak berhak menentukan tingkat pemahaman user.

Jika melihat user sebagai murid, nantinya setiap peserta didik di dalam platform dapat benar-benar memahami setiap materi. Data tersebut dapat dilihat dari relasi antar-variabel yang tergambar dari proses interaksi user dan platform.

Parameter

Customer education dapat mencangkup metrik di dua bidang, bisnis dan branding.

Gagasan pembuatan platform customer education biasanya datang dari tim marketing atau customer success. Tapi perlu diperhatikan bahwa logika pemasaran beserta metriknya tidak boleh mendominasi proses pembuatan. Kolaborasi tim yang ideal dapat dilihat di bagan berikut:

Program

Memiliki platform customer education akan menjadi gebrakan, dan momentum ini harus dimanfaatkan untuk branding jangka panjang. Contoh ukuran metrik dari kacamatan program dan branding:

  • Berapa banyak word of mouth yang tersebar?
  • Seberapa luas penyebaranya?
  • Berapa banyak user yang mengunggah sertifikat di linkedin?

Komersial

Bagian ini akan mengumpulkan target-target yang langsung berkaitan dengan bisnis, seperti penjualan, retention, dan repurchasing. Metrik ini bisa beragam dan melibatkan banyak departemen. Untuk mengkolaborasikannya, cek bagan di bawah:

Contoh metrik spesifik untuk bisnis:

  • User yang menyelesaikan 6 materi diberi label sebagai power user.
  • Kaitan user yang menyelesaikan 10 materi dan transaksi berulang.

Menyatukan Parameter

Customer education sama seperti sebuah organisasi perusahaan. Entitasnya terdiri dari beberapa komponen, namun tetap memiliki kesatuan target yakni pertumbuhan perusahaan.

Gagasan pembuatan platform customer education biasanya datang dari tim marketing atau customer success. Tapi perlu diperhatikan bahwa logika pemasaran beserta metriknya tidak boleh mendominasi proses pembuatan. Kolaborasi tim yang ideal dapat dilihat di bagan berikut:

Untuk itu, perlu dua kelompok besar dalam proses pembuatan platfrom.

Kickoff dan Implementation

Bagian ini adalah proses mempersiapkan kampanye. Maka, pihak-pihak yang terlibat terdiri dari departemen yang mengurus pemasaran dan penjualan.

Namun, kedua departemen hanya berlaku sebagai support dan penentu parameter. Proses penerjemahan metrik menjadi sebuah strategi pembelajaran harus dilakukan oleh pakarnya.

Program dan Growth

Agar setiap daya dan upaya pembuatan platform tidak percuma, perlu langkah konkret untuk memasarkan sebuah platform. Bagian program dan growth memerlukan kecakapan marketing dan brand communication.

Perlu diingat bahwa setiap pertumbuhan pengguna di dalam platform bertujuan untuk memperkuat retention. Hal ini membuat kampanye product customer education masih sinergi dengan kebutuhan marketing dan penjualan.

PRO TIPS

  • Parameter menjadi pembeda antara customer education atau konten pemasaran yang berusaha mengedukasi konsumen.
  • Jenis parameter bergantung pada consumer journey. Gunakan konten informasi umum untuk calon konsumen yang baru mengenal.

Kuis

Parameter apa saja yang tidak perlu ditentukan dalam customer education?

Selamat, Anda telah menyelesaikan pelajaran ini
Klik untuk menyelesaikan