Kebutuhan Perusahaan

Melalui kelas ini, kamu diajak untuk:

  • Identifikasi masalah perusahaan yang bisa diselesaikan lewat program pelatihan.
  • Berempati terhadap kebutuhan pegawai secara menyeluruh.

Menurut Harvard Business Review, rendahnya tingkat kesuksesan karena banyak perusahaan investasi jorjoran tanpa strategi yang jelas. Bahkan, program pelatihan dianggap sebagai formalitas belaka, tanpa ada sebuah rencana dan kurikulum yang matang. Perusahaan hanya berfokus pada satu pelajaran tertentu, tapi tidak tahu bagaimana program pelatihan dapat mempengaruhi performa bisnis mereka.

Jangan Pelit untuk Melatih Karyawan

Menurut Riset Accenture, setiap program pelatihan karyawan menghasilkan Return of Investment sampai 353 %. Tapi angka ini mungkin tidak cukup meyakinkan bagi manajemen yang mengharapkan ROI langsung. Yakin tidak mau membuat pelatihan intensif? Coba lihat penjelasan di bawah:

Meningkatkan Produktivitas

Hambatan pengetahuan teknis bakal menurun seiring dengan peningkatan pengetahuan.

Menjaga Talenta Terbaik

Setiap orang memiliki visi karier ke depan. Dengan pelatihan, setiap pegawai merasa dibantu untuk menggapai lompatan dalam kariernya.

Mempetkuat Layanan Konsumen

Pembelajar memiliki empati lebih tinggi. Cara pandang melihat konsumen ikut berubah.

Mendorong Inovasi

Dengan pengetahuan baru, pegawai dapat memanfaatkannya untuk berinovasi dalam pekerjaan mereka.

Assesment

Untuk memulainya, perlu ketahui lebih dahulu apa saja yang dibutuhkan seluruh organisasi yang berkaitan dengan pelatihan. Kita perlu menilai dari berbagai level mulai dari organisasi secara keseluruhan, fungsi kerja, sampai tingkat individu. Pembagian tingkat ini nantinya amat menentukan materi apa yang diperlukan dan siapa saja pesertanya. Berikut langkah-langkahnya:

Organsisasi

Definisikan kebutuhan pengetahuan yang berdampak langsung pada kecakapan seluruh tim dalam mencapai tujuan perusahaan. Proses ini merupakan bentuk adaptasi dari fenomena yang tengah terjadi di industri.

  • Perubahan pasar: Bagaimana tren produk yang tengah laku?
  • Teknologi termutakhir: Apakah tim memiliki spesifikasi menjalankan teknologi terbaru?
  • Kondisi sosial: Bagaimana membuat kerja jarak jauh menjadi efektif?
Posisi

Akuntannya harus lebih jago, tim kontennya wajib lebih kreatif, dan tim ITnya kudu lebih canggih. Kalimat tersebut mencontohkan kebutuhan perusahaan terkait spesifikasi dari masing-masing posisi. Proses evaluasi pengetahuan dari masing-masing posisi di dalam organisasi yang berkaitan dengan perubahan industri secara keseluruhan.

Individu

Dalam analisis posisi, kita bisa saja menemukan satu bintang yang berada di departemen. Tapi, apakah teman-temannya yang lain sama kompetennya? Maka, perlu menguji kecakapan teknis dan sikap kerja di level individu.

Pro Tips

  • Jangan terpaku pada ketiadaan dampak langsung investasi SDM. Investasi SDM berguna untuk jangka panjang.
  • Terdapat 3 level dalam assesment: level organisasi, posisi, dan individu.

Kuis

Untuk menguji kebutuhan posisi tertentu, variabel apa yang harus diperhatikan?

Selamat, Anda telah menyelesaikan pelajaran ini
Klik untuk menyelesaikan